Beranda Headline Bawaslu Ingatkan Bupati Cellica Tak Lakukan Mutasi Pejabat Setelah 7 Januari

Bawaslu Ingatkan Bupati Cellica Tak Lakukan Mutasi Pejabat Setelah 7 Januari

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Ketua Bawaslu Karawang Kursin Kurniawan meminta Pemkab Karawang tidak melakukan mutasi pejabat dalam waktu enam bulan sebelum tanggal penetapan Pasangan Calon (Paslon). Sebab, ada larangan yang diatur dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

 

“Kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Mendagri. Secara tertulis sudah kita ingatkan (Bupati) bahwa tidak boleh melakukan mutasi pejabat dalam waktu enam bulan penetapan calon atau terhitung sejak 8 Januari sampai 8 Juli 2020,” kata Kursin belum lama ini.

Dalam Pasal 71 UU No 10/2016, jelas Kursin, disebutkan bahwa gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, dan wali kota/wakil wali kota dilarang melakukan penggantian pejabat 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan.

“Kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Mendagri. Secara tertulis sudah kita ingatkan Bupati bahwa tidak boleh melakukan mutasi pejabat dalam waktu enam bulan penetapan calon atau terhitung sejak 8 Januari sampai 8 Juli 2020,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Karawang, Cellica Nurachdiana mengungkapkan, jadwal rotasi, mutasi dan promosi pejabat struktural akan dilaksanakan sebelum tanggal 08 Januari 2020. Hal itu diungkapkan Bupati Karawang, Cellica Nurachdiana saat menghadiri pisah sambut Kalapas Karawang.

“Paling telat 08 Januari 2020 dilaksanakan, karena saat ini proses penetapan calon. Kalau sudah beres dikirim rilisnya dengan kalian,” ujarnya kepada Tvberita.co.id, Jumat (03/01/2020).(ris)