Beranda Headline Gunungan Sampah Tak Terurus, DLHK Karawang Digeruduk Massa

Gunungan Sampah Tak Terurus, DLHK Karawang Digeruduk Massa

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Hampir merata di semua wilayah di Kabupaten Karawang saat ini banyak dijumpai tumpukan sampah rumah tangga yang berserakan dipinggir-pinggir jalan, baik jalan poros strategis Kecamatan, Jalan Kabupaten, Provinsi maupun Nasional.

Fakta ini tentunya selain meresahkan masyarakat juga bisa merusak pandangan, dan tidak sedikit pengguna jalan yang kebetulan melintas merasa tidak nyaman, apalagi keberadaan tumpukan sampah kian hari semakin menumpuk.

Prihatin dengan kondisi tersebut, Komunitas Pemerhati Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI) Kabupaten Karawang mendatangi Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang bersama sejumlah perwakilan warga masyarakat, pada hari Kamis (19/3) pagi, dan diterima langsung oleh Kepala DLHK Kabupaten Karawang, Wawan Setiawan beserta Sekertaris DLHK, Rosmalia Dewi dan Kasie Kebersihan DLHK, Ade.

Dalam Kesempatan tersebut, KPLHI yang digawangi Direktur Advokasi KPLHI Karawang, Ahmad Fazri, SH., mempertanyakan kepada DLHK kaitan permasalahan penumpukan sampah dan pencemaran.

“Kami, KPLHI selaku organisasi yang perduli dengan lingkungan di Karawang, menginginkan Karawang itu Interasih, bebas dari penumpukan sampah di mana-mana dan pencemaran dalam bentuk apapun,” kata Ahmad menjelaskan maksud kedatangan pihaknya bersama sejumlah warga ke DLHK pagi ini.

Ahmad menuturkan, pihaknya pun menawarkan kerja sama kepada DLHK untuk dapat bergerak bersama-sama dalam mencari solusi menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut.

“Kami menawarkan hal tersebut kepada DLHK. Jika kami difungsikan, kami siap bekerja sama. Karena dalam pertemuan tadi, DLHK beralibi karena kurangnya armada sampah, PAD dan lain sebagainya,” ungkapnya.

“Ayo kita sama-sama, karena sistem mekanisme penanganan sampah DLHK ini jelas-jelas buruk, dan itu bisa dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang mengeluhkan soal sampah ini,” imbuhnya lagi.

Diungkapkan Ahmad, lebih lanjut, DLHK juga ternyata mempihak ketigakan penarikan sampah-sampah di Kabupaten Karawang, dan hal tersebut dinilainya bukanlah hal yang efektif.

Mengapa demikian, Ahmad mengulas bahwasanya jika dilakukan perbandingan antara sebelum dan sesudah DLHK mempihak ketigakan pengangkutan sampah-sampah tersebut, hasilnya lebih efektif jika pengangkutan itu dilakukan langsung oleh DLHK, bukan di pihak ketigakan.

“Ternyata hasilnya malah tambah buruk, dan itu kita rasakan bersama,” tandasnya.

“Jikapun memang, DLHK tetap mempihak ketigakan pengangkutan sampah-sampah tersebut, tolonglah pengawasannya dimaksimalkan menjadi lebih baik,” lanjutnya lagi.

Kembali Ahmad menandaskan, apabila DLHK memang kekurangan armada pengangkut sampah, KPLHI siap membantu.

“Berapa unit kendaraan yang dibutuhkan DLHK, kami siap bantu, mau butuh berapa unit kami bantu,” ujar Ahmad.

Terakhir ditegaskannya, KPLHI akan terus mengaspirasikan Karawang Indah Tertib Aman dan Bersih (Interasih) dengan melakukan audiens (Rapat Dengar Pendapat) baik dengan DPRD maupun dengan Pemda Karawang.

“Aksi kami mengaspirasikan Karawang yang Interasih tidak cukup sampai di sini. Kami akan terus perjuangkan, ke DPRD dan ke Pemda Karawang,” pungkasnya. (Nna/kie)