Beranda Headline Vaksinasi Polio untuk Balita di Karawang Mulai Digarap

Vaksinasi Polio untuk Balita di Karawang Mulai Digarap

Vaksinasi polio di Karawang
Dinas Kesehatan Karawang mulai garap vaksinasi polio untuk balita.

KARAWANG – Sub Pin Pekan Imunisasi Nasional untuk mencegah penularan penyakit polio di Kabupaten Karawang sudah mulai perdana di Posyandu Beringin 7, Dusun Sukamaju, Telukjambe Timur.

Endang Suryadi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang menyampaikan, sub pin imunisasi ini dilaksanakan serentak sesuai arahan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Timeline imunisasinya terbagi menjadi 2 putaran, berlangsung per hari ini (3/4) hingga Mei mendatang.

“Pekan imunisasi ini adalah rekomendasi dari para ahli, munculnya kasus polio harus dilakukan tindakan Outbreak Response Immunization. Kita pun dapat perintah dari Provinsi untuk mulai melakukan Sub Pin hari ini,” ujarnya saat diwawancarai pada, Senin (3/4/2023).

Endang menjelaskan, vaksinasi polio ini diberikan khusus untuk anak 0 sampai 59 bulan. Secara teknis, setiap anak diberikan 2 tetes vaksin untuk mencapai target imunisasi 90 persen.

Baca juga: Respons Kasus Polio di Purwakarta, 181 Ribu Anak di Karawang Bakal Diimunisasi

“Tiap anak diberi 2 tetes. Ini dibuat 2 sesi karena untuk mencapai target imunisasi 90 persen. Kalau 1 kali vaksin itu 40 persen, jadi harus 2 kali,” jelasnya.

Dari catatannya, ada sebanyak 2.375 posyandu dan 1.875 kader di Kabupaten Karawang yang akan melakukan vaksinasi untuk 181.642 balita.

“Khusus Teluk Jambe Timur ada 1.034 sasaran, ada 2 puskesmas di sini dan di posyandu Beringin 7 ada 102 sasaran,” papar Endang.