Beranda Karawang Bawaslu Karawang Minta Panwascam Inventarisir Bacaleg yang Berprofesi Ini

Bawaslu Karawang Minta Panwascam Inventarisir Bacaleg yang Berprofesi Ini

KARAWANG- Panwascam Rengasdengklok melakukan rapat koordinasi aparatur pengawas Pemilu Kecamatan Rengasdengklok di Rumah Makan Nyai Ina, Jum’at (19/5/2023)

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Komisioner Bawaslu Karawang, Kusnadi, Plt Ketua KPU Karawang, Ihsan sebagai narasumber dan para pengawas pemilu di Kecamatan Rengasdengklok.

Komisioner Bawaslu, Kusnadi menekankan pentingnya pembinaan aparatur pengawas pemilu untuk menciptakan pemilu yang jujur.

“Bicara pembinaan aparatur pengawas pemilu yaitu bicara kapasitas, bicara peningkatan kapasitas tidak akan pernah selesai bicara 3 sampai 3 jam saja, maka teman-teman harus banyak membaca PKPU dan tahapan dan membaca Perbawaslu,” kata Kusnadi.

Baca juga: Bawaslu Karawang Minta Pejabat PNS Mundur demi Jadi Bacaleg Dinonaktifkan

Selain itu ia juga meminta Panwascam Rengasdengklok untuk menginventarisir bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Karawang yang profesi nya dilarang oleh regulasi yang berlaku.

“Saya meminta kepada Panwascam Rengasdengklok untuk meninventararisir siapa saja yang profesinya dilarang menjadi calon anggota DPRD Karawang, kalau kita melihat kepada PKPU Nomor 10 tahun 2023 pasal 11 huruf A ada beberapa orang yang profesinya dilarang untuk menjadi Bacaleg DPRD dan wajib mengundurkan diri, pertama ada ASN, Kedua TNI Polri, ketiga Kepala Desa, BPD, Pendamping Desa,” jelasnya

Ia juga berharap pada perhelatan Pemilu yang tinggal menghitung bulan, para Panwascam yang ada di Rengasdengklok dan kecamatan lain bisa bekerja secara profesional.

“Sukses tidaknya Pemilu besok tergantung pada penyelenggara Pemilu dan kita sebagai pengawas pun harus bekerja profesional demi suksesnya Pemilu tahun 2024 mendatang,” tutupnya.

Baca juga: Kendarai Vespa ke Kantor KPU, Indriyani Mantap Nyaleg Lagi di 2024

Sementara itu, Plt Ketua KPU Karawang, Ihsan mengungkapkan pihaknya telah melalui proses yang cukup panjang dari mulai melakukan verifikasi faktual Partai Politik, Pemuktahiran data pemilih, sampai pada tahapan pendaftaran Bacaleg DPRD Karawang yang telah di lakukan pada tanggal 1-14 Mei 2023

“Alhamdulillah, KPU, Bawaslu, PPK, Panwascam telah melakukan beberapa tahapan pemilu termasuk yang terakhir kemarin pendaftaran Bacaleg DPRD Karawang, dan sudah ada 18 Parpol secara nasional yang telah terdaftar sebagai peserta pemilu 2024,” kata Ihsan.

“Ada sekitar 834 Bacaleg dari 18 partai politik yang telah mendaftar ke KPU dengan jumlah kursi sebanyak 50 kursi, Rengasdengklok ini masuk dapil 2 ya, jumlahnya 7 kursi, tinggal dikali aja dengan 18 Parpol jumlah Bacaleg nya,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Ihsan, KPU akan melakukan tahapan verifikasi administrasi bakal calon legislatif.

“Kita saat ini mulai melakukan verifikasi Bacaleg dari tanggal 15 Mei sampai 23 Juni, kita akan verifikasi untuk menyesuaikan data Bacaleg, kemudian kami akan mengecek kebenaran, seperti yang disinggung tadi di awal, seperti ASN, Kepala Desa, Pejabat pejabat yang sumber penghasilan dari negara itu harus mengundurkan diri,” pungkasnya.