Beranda Headline Keren, Unsika Raih Dua Prestasi Bergengsi Level Nasional

Keren, Unsika Raih Dua Prestasi Bergengsi Level Nasional

KARAWANG – Unsika (Universitas Singaperbangsa Karawang) meraih dua prestasi bergengsi level nasional. Perguruan tinggi negeri ini diganjar penghargaan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi karena prestasinya dalam mengimplementasi delapan Indikator Kinerja Utama (IKU).

Unsika duduk di peringkat 3 seluruh Indonesia berdasarkan IKU pada Liga PTN Satker. Sedangkan peringkat 2 diduduki Universitas Manado, dan peringkat 1 diraih UPN Veteran Jakarta.

Unsika juga duduk di peringkat 1 berdasarkan keunggulan IKU 5 tahun 2021 pada kategori Liga PTN Satker. Prestasi ini diraih Unsika karena hasil kinerja dosen yang mendapatkan rekognisi internasional dan atau digunakan serta bermanfaat oleh masyarakat. IKU 5 berhubungan dengan karya tulis ilmiah, karya terapan, dan karya seni yang dihasilkan dosen dan mahasiswa.

Baca juga: Mau Bangun Ruang Terbuka Hijau, Unsika Benahi Area Kantin

IKU 1 diraih Institut Teknologi Kalimantan, IKU 2 dan 3 diraih Universitas Negeri Manado, IKU 4 dan 7 dimenangi Universitas Palangkaraya, IKU 6 oleh Institut Seni Indonesia Denpasar, dan IKU 8 oleh UPN Veteran Jakarta.

Rektor Unsika Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA. mengatakan bahwa pencapaian yang telah diraih Unsika tidak lepas dari kerja keras dan dukungan dari civitas akademika, dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa, terkhusus pada tim IKU Unsika.

“Terima kasih untuk dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa yang telah bekerja keras, saya bangga,” kata Sri Mulyani, Selasa (28/6) kepada wartawan.

Baca juga: Advokasi Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus, Unsika Bentuk Satgas PPKS

Dua penghargaan itu diterima langsung oleh Sri Mulyani sebagai Rektor Unsika dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nadiem Makarim.

Seperti diketahui, Menteri Nadiem Makarim mendorong perguruan tinggi untuk mengimplementasikan delapan IKU. Untuk memberi motivasi pada perguruan tinggi, kementerian menggelontorkan dana tambahan sebesar RP 332 miliar kepada perguruan tinggi negeri.

Baca Juga :   Buntut Bentrokan Ormas di Bekasi, 10 Orang Diamankan

Penghargaan IKU dikelompokkan ke dalam empat liga. Yakni liga Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH), liga Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTNBLU), liga Perguruan Tinggi Negeri Satuan Kerja (PTN Satker), dan liga Perguruan Tinggi Negeri Satuan Kerja Seni (PTN Satker Seni). Penghargaan yang diberikan kepada PTN adalah penghargaan keunggulan IKU 1 sampai dengan IKU 8, serta penghargaan bagi PTN yang masuk ke dalam posisi top 10 persen di masing-masing liga. Unsika meraih dua penghargaan tersebut.

Artikel sebelumnyaSudah Beraksi 21 Kali, 2 Buruh Nyambi Maling Motor Diringkus Polres Karawang
Artikel selanjutnyaDinilai Jadi Solusi Atasi Pengangguran, Program Pemagangan Digital Disosialisasikan di Karawang