Beranda Headline Kesulitan Air Bersih di Purwakarta Sudah Darurat, Ketua DPR: Segera Selesaikan!

Kesulitan Air Bersih di Purwakarta Sudah Darurat, Ketua DPR: Segera Selesaikan!

Ketua dpr air bersih purwakarta
Ketua DPR RI, Puan Maharani menyoroti permasalahan air bersih yang menimpa ribuan warga Purwakarta. (foto/istimewa)

JAKARTA – Kesulitan air bersih yang menimpa 6.000 warga di Kabupaten Purwakarta menjadi sorotan Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Diketahui, masalah kesulitan air bersih di Purwakarta terjadi selama hampir sebulan terakhir. Penyebabnya karena pipa milik PDAM Purwakarta mengalami kebocoran.

Puan mengingatkan jika kebutuhan air bersih merupakan hak masyarakat yang harus dipenuhi oleh negara, dalam hal ini pemerintah.

“Konstitusi sudah menegaskan pentingnya kesejahteraan masyarakat, termasuk akses yang merata terhadap air bersih sebagai kebutuhan dasar yang vital bagi kehidupan setiap warga negara,” ujar Puan, Rabu (14/6/2023).

Baca juga: Pipa PDAM Bocor Lagi, Warga Purwakarta Kesulitan Air Bersih

Menurutnya, permasalahan air bagi warga Purwakarta merupakan masalah darurat. Pemerintah daerah diminta cepat tanggap mengatasi hal tersebut.

“Sudah satu bulan warga di Purwakarta terus mengantre air bersih. Pemerintah harus segera turun tangan menyelesaikan persoalan tersebut. Ini masalah darurat! Karena air bersih adalah kebutuhan utama masyarakat sehari-harinya,” tegas Puan, melansir Beritasatu.

Warga, kata Puan, saat ini diberikan solusi sementara dengan dikirimkan truk berisi air bersih untuk didistribusikan selama proses perbaikan pipa saluran air bersih di Purwakarta.