Beranda Ekonomi Menhub Minta Pengusaha Logistik Getol Investasi di Pelabuhan Patimban Subang

Menhub Minta Pengusaha Logistik Getol Investasi di Pelabuhan Patimban Subang

Pengusaha investasi di pelabuhan patimban subang
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta kalangan pengusaha logistik getol menanam investasi di Pelabuhan Patimban Subang, Jawa Barat. (Foto: ist)

JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta kalangan pengusaha logistik getol menanam investasi di Pelabuhan Patimban Subang, Jawa Barat.

Alasannya, Pelabuhan Patimban diproyeksikan sebagai salah satu pusat kegiatan logistik. para pelaku usaha logistik bisa terlibat dalam pengembangan ekosistem Pelabuhan Patimban.

“Saya mengundang teman-teman (pengusaha) untuk aktif di Patimban, bukan berarti Tanjung Priuk tidak baik. Tapi karena di sana (Patimban) masih banyak sekali kemungkinan-kemungkinan yang bisa diupayakan,” ujarnya saat membuka Musyawarah Nasional ke-VII Asosiasi Logistik & Forwarder Indonesia/Indonesian Logistics & Forwarders Association (ALFI/ILFA) di Westin Hotel, Jakarta, Senin, 11 Desember 2023.

Baca juga: Jokowi Beberkan Biang Kerok Pengungsi Rohingya Makin Banyak

Belum lagi, kata dia, ketersediaan lahan di Pelabuhan Patimban masih terbuka lebar untuk dimanfaatkan pelaku usaha.

Dia bilang, dalam upaya membangun akses dari dan ke Pelabuhan Patimban, pemerintah telah membangun jalan tol maupun Bandara Kertajati di Majalengka.

Kehadiran sejumlah infrastruktur ini pun diharapkan bisa menopang kegiatan ekonomi di wilayah Jawa Barat.

“Tanah masih banyak sekali, ada juga Bandara Kertajati. Pak Presiden bangun dua proyek strategis nasional (Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati) di Jawa Barat, dan itu harus kita manfaatkan sebaik mungkin,” ungkap Budi Karya.

Selain itu, dia menambahkan, para pelaku usaha bidang logistik dan transportasi yang tergabung dalam ALFI diharapkan bisa mendorong kerja sama yang lebih baik guna meningkatkan daya saing logistik nasional.

Baca juga: Karena Alasan Ini, AHY Tegaskan Demokrat Belum Punya Jagoan Pilgub Jabar 2024

Ia menilai, asosiasi harus mampu menjadi wadah untuk meningkatkan profesionalitas dan kompetensi sumber daya manusia di bidang logistik dan transportasi, agar mampu menghadapi perubahan dan era digitalisasi sektor kepelabuhanan.