Beranda Regional Pemdes Kalibuaya Akan Terapkan Bank Sampah di Desanya

Pemdes Kalibuaya Akan Terapkan Bank Sampah di Desanya

TELAGASARI, TVBERITA.CO.ID- Masalah sampah bukanlah permasalahan yang bisa dibiarkan begitu saja. Diperlukan tindakan nyata dan kerjasama oleh setiap lapisan masyarakat dan bank sampah bisa menjadi solusinya.

Timbunan sampah yang terus menumpuk akan berakibat buruk bagi kesehatan lingkungan serta menimbulkan berbagai penyakit dan sampah rumah tangga merupakan penyumbang sampah terbesar. Sementara, Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang tersedia tidak akan bisa menampung sampah yang terus menerus dihasilkan masyarakat jika masyarakat tidak mulai bertindak untuk mengurangi sampah yang dihasilkan.

Melihat permasalahan sampah yang semakin komplek dilingkungan masyarakatnya, Pemerintah Desa Kalibuaya, Kecamatan Telagasari, mengambil langkah penanganan untuk membuat bank sampah di desanya.

Dimana dengan sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk berperan serta aktif di dalamnya. Sistem ini akan menampung memilah, dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi pada pasar sehingga masyarakat mendapat keuntungan ekonomi dari menabung sampah.

“Jadi nantinya dengan mengumpulkan sampah rumah tangga yang dihasilkan oleh warga bisa menjadi penghasilan juga buat warga kalibuaya. Karena setiap sampah yang ia tampung akan kita beli sesuai jenis dan harga jualnya,” ungkap Kades Kalibuaya, Nana kepada Koran Berita (Grup Tvberita.co.id), selasa (26/12).

Menurutnya, semua jenis sampah akan kita tamping dan kita beli sesuai dengan jenis dan harga barang atau sampah tersebut. Penarikan sampah itu akan dilakukan setiap satu atau dua minggu sekali, pembelian sampah tersebut dengan harga terendah Rp50 rupiah/ kg sampah, dimana uang tersebut akan menjadi tabungan warga yang nantinya bisa diambil satu tahun sekali setiap menjelang hari raya idul fitri.

“Semoga dengan bank sampah ini warga lebih termotivasi untuk peduli lagi dengan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Selama ini warga membuang sampah masih sembarangan, kesungai irigasi, tanggul-tanggul dan dibahu-bahu jalan,” Harapnya.(cr3/ris)