Beranda Purwakarta Rawan Longsor, Warga Perum Pondok Jaya Minta Solusi Pemkab Purwakarta

Rawan Longsor, Warga Perum Pondok Jaya Minta Solusi Pemkab Purwakarta

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID– Musim penghujan belakangan ini yang bisa dikatakan cukup esktrim, membuat sejumlah titik di daerah Purwakarta mengalami banjir bahkan mengalami longsor.

Tidak hanya terjadi di pegunungan maupun diperbukitan, longsor dan banjir pun kerap terjadi di wilayah perumahan yang diduga drainase maupun kontur tanah tidak diperhitungkan sebelumnya. Bahkan, bisa berujung kepada pembangunan yang asal jadi.

“Sudah beberapa kali terjadi longsor di wilayah perumahan ini,” jelas salah satu warga Perumahan Pondok Jaya, Munjul Purwakarta, Minggu (16/02/20).

“Apalagi cuaca penghujan seperti sekarang, tanah yang berada berdekatan dengan perumahan dan merupakan akses jalan mengalami longsor,” ujarnya.

Dijelaskannya, Warga yang berada di Perumahan Pondok Jaya Blok AY sudah beberapa kali mencoba untuk menangani agar tanah tidak longsor lagi, namun upaya tersebut terbatas, karena hanya mampu menahan hujan sementara. “Kalau curah hujan tinggi kembali longsor lagi,” paparnya.

“Kami yang berada di perumahan Blok AY ini harus senantiasa waspada. Khawatir kalau curah hujan tinggi tanah bisa tergerus sampai perumahan. Hingga saat ini pun belum ada penanganan yang serius dari pemerintah daerah, terlebih di sini juga berdekatan dengan SMPN 10 dan SDN Kahuripan, jangan sampai berimbas nantinya,” tegasnya.

Maka dari itu, ia meminta Pemkab Purwakarta segera memberikan solusi. “Jangan sampai setelah terjadi baru Pemkab turun untuk memperbaiki, kami berharap secepatnya di tangani karena ini berimbas kepada keselamatan warga juga,” pungkasnya. (trg/kie)