Beranda Hiburan 5 Rekomendasi Film Korea Betema Konflik, Adaptasi Kisah Nyata

5 Rekomendasi Film Korea Betema Konflik, Adaptasi Kisah Nyata

Film Korea
Rekomendasi Film Korea (Foto: Istimewa/net.)

TVBERITA.CO.ID – Perang dingin antara Korea Utara dan Korea Selatan semakin hari kian memanas.

Baru-baru ini, Pimpinan Korea Utara, Kim Jong Un menegaskan reunifikasi atau penyatuan kembali Korut dan Korsel tidak mungkin dilakukan.

Kim Jong Un pun memerintahkan langsung penghancuran Monumen Tiga Piagam Reunifikasi Nasional yang melambangkan harapan perdamaian kedua Korea yang terletak di Pyongyang, Ibu Kota Korea Utara.

Baca juga: My Happy Ending, Drama Korea yang Sukses Mengaduk Emosi Penonton

Konflik antar Korea yang telah berlangsung sejak pasca Perang Dunia II ini menjadi isu penting yang sering diangkat dalam film-film Korea.

Tidak sedikit juga film tentang perang Korea Utara dan Korea Selatan itu diadaptasi dari peristiwa sejarah nyata.

Film Tentang Perang Korea Selatan dan Korea Utara

Jika Anda menyukai film aksi dan sedang mencari film yang berhubungan dengan perang Korea Utara dan Korea Selatan, berikut adalah beberapa rekomendasi film perang Korea yang diadaptasi dari kisah nyata:

Baca juga: Pecinta Hewan Masuk, Berikut 5 Film dan Drama yang Cocok untuk Kalian

1. 71: Into The Fire (2010)
71: Into The Fire
71: Into The Fire (Foto: Istimewa/net.)

71: Into The Fire adalah film perang Korea berdasarkan kisah nyata yang terjadi di masa awal Perang Korea pada tahun 1950.

Seperti namanya, Film ini menceritakan kisah tentang 71 pelajar yang tergabung menjadi tentara sukarelawan melawan tentara elit Korut selama Pertempuran Pohang-dong di tahun 1950.

Selain menggambarkan aksi patriotik para pelajar Korea Selatan dalam mempertahankan tanah airnya, film ini juga secara dramatis berhasil memotret nilai-nilai kekerabatan dan kesetiakawanan selama perang terjadi.

Disutradarai oleh Lee Jae-han dan dibintangi oleh idola ternama T.O.P Bigbang

2. Northern Limit Line (2015)
Film konflik
Northern Limit Line (Foto: Istimewa/net.)

Northern Limit Line, adalah film perang Korea yang didasari oleh kisah nyata pertempuran laut Korea Utara dan Korea Selatan dalam Perang Yeonpyeong II pada tahun 2002.

Dalam film ini dikisahkan kapal perang Korea Utara menembaki kapal perang Korea Selatang hingga memicu pertempuran dan menewaskan puluhan tentara.

Tidak hanya diisi dengan pertempuran yang menegangkan, melalui film ini, Anda akan mendapatkan gambaran mendalam tentang dinamika hubungan Korea Utara dan Korea Selatan.

Anda juga akan disuguhkan dengan drama persahabatan yang hangat dari para prajurit Angkatan Laut Republik Korea Selatan (ROK).

3. Battle of Jangsari (2019)
Film Korea
Battle of Jangsari (Foto: Istimewa/net.)

Mirip dengan 71: Into The Fire, Battle of Jangsari adalah film Perang Korea yang yang menceritakan kisah nyata 772 tentara pelajar Korea yang tergabung dalam Perang Incheon.

Dipimpin oleh Kapten Lee Myung-joon (Kim Myung-min), ratusan pelajar berusia sekitar 17 tahun yang baru mendapatkan pelatihan selama dua minggu harus menjalankan misi berat mengecoh rencana invasi pasukan Korea Utara ke Jangsari.

Film ini bertabur bintang karena diperankan oleh aktor senior Kim Myung-min, Idol K-Pop SHINEE Choi Min-ho, dan aktris besar Hollywood, Megan Fox.

Pada tahun rilisnya di 2019, Battle of Jangsari pun sukses menjadi film terlaris pada saat itu dengan pendapatan mencapai Rp48 miliar pada minggu pertama penayangan.

4. Escape from Mogadishu (2021)
Film Korea
Escape from Mogadishu (Foto: Istimewa/net)

Escape from Mogadishu adalah film aksi terbaik yang mengangkat kisah nyata perang diplomatik antara Korea Utara dan Korea Selatan di Mogadishu, Somalia pada Januari 1991.

Berkisah tentang Korea Utara dan Korea Selatan yang mengirimkan diplomat mereka ke Somalia guna mengesankan pemerintah negara bagian Afrika tersebut dan mendapatkan kesaksian agar dapat mencapai kursi di PBB.

Nahasnya, saat itu Somalia tengah panas akibat perang saudara dan kudeta terhadap Siad Barre, Presiden Somalia saat itu.

Film ini pun menggambarkan kegentingan para diplomat untuk melarikan diri dari Somalia serta konflik diplokmatik antar Korea Utara dan Korea Selatan.

Dibintangi aktor papan atas, Zo In-sung dan Heo Joon-ho, film ini berhasil mendapatkan banyak penghargaan dan mampu menembus Box Office dengan total 2 juta penonton.

5. 6/45 (2022)
6/45
6/45 (Foto: Istimewa/net.)

Berbeda dari film-film lainnya di rekomendasi ini, film 6/45 adalah film yang mengangkat situasi perang dingin Korea Utara dan Korea Selatan dengan bumbu komedi.

Meski terinspirasi dari kisah nyata tentara di perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara, premis film ini sepenuhnya adalah fiksi hasil imajinasi penulis dan sutradara Park Gyu-tae.

6/45 mengisahkan Park Cheon-woo (Go Kyung-po), sersan wajib militer yang berbahagia karena akan bebas tugas dan menemukan kupon lotre 6/45 berhadiah 5,7 miliar Won atau setara dengan Rp62.4 miliar.

Namun kebahagiaan Cheon-woo tidak berlangsung lama, saat ia mendapat tugas jaga, kupon lotre itu terbang dan ditemukan oleh tentara Korea Utara Ri Yong-ho (Lee Yi-kyung). Mereka pun memperebutkan hadiah lotre tersebut.

Hadir dengan genre komedi yang dengan premis yang sederhana namun menarik, 6/45 berhasil memuncaki Box Office domestik dan internasional dengan lebih dari 1 juta penonton dan pendapatan hingga 22,3 juta US Dolar. (*)