Beranda Headline 9 Tips Praktis Menjaga Kesehatan Saat Hadapi Perubahan Cuaca

9 Tips Praktis Menjaga Kesehatan Saat Hadapi Perubahan Cuaca

Tips menjaga kesehatan saat perubahan cuaca
Foto: ilustrasi/istimewa.

TVBERITA.CO.ID – Memasuki musim hujan, membawa kebahagiaan tersendiri bagi sebagian orang. Namun, saat terjadinya perubahan cuaca ini kita juga harus tetap senantiasa tau tips menjaga kesehatan.

Karena di musim penghujan cuaca yang tadinya panas berubah menjadi dingin dan lembab. Untuk menjaga kekebalan dan kesehatan tubuh saat hadapi perubahan cuaca, berikut tips yang bisa kami bagikan:

1. Pakai Pakaian yang Sesuai

Pertama, ketika memasuki musim hujan pakailah pakaian yang dapat melindungi anda dari hujan. Mulai sekarang harus sudah siap sedia peralatan seperti jas hujan, payung, sepatu tahan air. Ini penting untuk menghindari basah kuyup dan risiko kedinginan.

2. Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Harap konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral ya. Buah-buahan segar, sayuran hijau dan makanan berserat tinggi dapat membantu anda memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjadikan tubuh lebih tangguh menghadapi infeksi.

3. Hindari Terkena Genangan Air

Perlu diketahui, genangan air dapat menjadi tempat berkembang biaknya berbagai penyakit. Hindari berjalan melalui genangan air dan pastikan membersihkan kaki dan tangan setelah terpapar air hujan.

4. Jaga Kebersihan Rumah

Di musim hujan memperhatikan kebersihan rumah itu penting. Khususnya didaerah yang rentan terhadap kelembaban. Pastikan tidak ada genangan air di dalam rumah, dan hindari penumpukan barang yang dapat menjadi tempat berkembang biak kuman.