KARAWANG – BPJS Kesehatan memastikan seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tetap dapat mengakses layanan kesehatan maupun administrasi kepesertaan selama libur Lebaran 2025. Langkah ini diambil guna mengantisipasi potensi kendala akses layanan di masa mudik dan hari raya.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Karawang, Fahrurozi, menyatakan bahwa untuk mengakomodasi kebutuhan peserta, pihaknya menerapkan piket layanan di kantor cabang serta Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA). Layanan di kantor cabang akan tersedia pada tanggal 28 Maret, 2, 3, 4, dan 7 April 2025, pukul 08.00 – 12.00 waktu setempat. Sementara itu, layanan PANDAWA dapat diakses 24 jam setiap hari.
“Peserta tetap bisa memanfaatkan layanan informasi, administrasi, hingga pengaduan melalui berbagai kanal digital, seperti Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, dan website resmi BPJS Kesehatan,” ujar Fahrurozi dalam Konferensi Pers Pelayanan Mudik Lebaran 2025, Kamis (20/03).
Baca juga: Kampus Unsika Salurkan Zakat untuk 200 Anak Yatim, Piatu dan Dhuafa
JKN Tetap Bisa Digunakan di Luar Daerah
BPJS Kesehatan juga menegaskan bahwa dengan prinsip portabilitas JKN, peserta tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan di luar wilayah tempat mereka terdaftar. Hal ini sangat membantu bagi peserta yang melakukan perjalanan mudik.
“Di masa libur lebaran, peserta tetap bisa mengakses layanan di fasilitas kesehatan yang bukan tempat dirinya terdaftar. Jika mengalami kondisi gawat darurat, semua fasilitas kesehatan wajib memberikan pelayanan medis,” jelas Fahrurozi.
Selain itu, pelayanan terhadap pasien gawat darurat tetap mengikuti prosedur yang berlaku. Jika peserta mengalami kendala dalam mendapatkan layanan, mereka dapat menghubungi Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) atau Petugas BPJS SATU! (Siap Membantu) yang tersedia di rumah sakit.
Sementara itu, bagi peserta Program Rujuk Balik (PRB) yang memerlukan obat selama libur Lebaran, pengambilan obat dapat dijadwalkan lebih awal, maksimal tujuh hari sebelum stok habis, sesuai kebijakan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP).
Pastikan Kepesertaan JKN Aktif
Agar dapat tetap menikmati layanan JKN, peserta harus memastikan kepesertaannya dalam kondisi aktif. Jika terdapat tunggakan iuran, peserta disarankan segera melakukan pembayaran.
“Jika peserta kesulitan melunasi tunggakan sekaligus, mereka dapat memanfaatkan Program New Rencana Iuran Bertahap BPJS Kesehatan (REHAB) 2.0 melalui Aplikasi Mobile JKN. BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan satu juta kanal pembayaran yang memudahkan peserta dalam membayar iuran,” tambah Fahrurozi.
Posko Mudik BPJS Kesehatan di Berbagai Titik
Mengantisipasi tingginya arus mudik, BPJS Kesehatan menyiapkan tujuh posko mudik dan satu posko arus balik. Posko ini tidak hanya menyediakan layanan kepesertaan JKN, tetapi juga menangani keadaan darurat dengan menyediakan obat-obatan dan rujukan medis jika diperlukan.
Adapun lokasi posko BPJS Kesehatan selama libur Lebaran meliputi:
- Terminal Pulo Gebang Jakarta
- Rest Area Tol Ungaran Km 429
- Terminal Purabaya Sidoarjo
- Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar
- Pelabuhan Merak Banten
- Rest Area Tol Cipularang Km 88A Purwakarta
- Rest Area Tol Cipali Km 166A Majalengka
- Posko Arus Balik di Rest Area Tol Cipali Km 164B Majalengka
Jumlah Peserta JKN di Karawang dan Purwakarta
Per 1 Maret 2025, jumlah peserta JKN di Kabupaten Karawang mencapai 2.586.536 jiwa (100% dari total penduduk), sementara di Kabupaten Purwakarta mencapai 1.034.128 jiwa (98,29% dari total penduduk).
Di Kabupaten Karawang, BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan:
- 50 Puskesmas
- 125 Klinik Pratama dan DPP
- 1 Klinik Polri & 1 Klinik TNI
- 26 Rumah Sakit
- 3 Klinik Utama, 3 Laboratorium, 8 Apotek
Sementara di Kabupaten Purwakarta, fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan meliputi:
- 20 Puskesmas
- 55 Klinik Pratama dan DPP
- 1 Klinik Polri & 1 Klinik TNI
- 10 Rumah Sakit
- 2 Laboratorium, 2 Apotek
Baca juga: Dinas PRKP Karawang Luncurkan Aplikasi Berbasis Data Perumahan-Rutilahu, Ini Kelebihannya
Dukungan Dinas Kesehatan untuk Kelancaran Layanan
Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, M. Agus Hendrayana, menyatakan dukungan penuh terhadap upaya BPJS Kesehatan dalam memastikan akses layanan kesehatan selama masa mudik.
“Kami berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan untuk memastikan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN tetap berjalan lancar. Kami juga membuka beberapa posko mudik di wilayah Purwakarta, termasuk di beberapa rest area. Semoga perjalanan mudik berjalan lancar dan seluruh warga bisa bertemu keluarga dalam keadaan sehat,” ujar Agus.
Dengan adanya kesiapan ini, diharapkan seluruh peserta JKN dapat tetap memperoleh pelayanan optimal selama libur Lebaran 2025, baik dalam kondisi sehat maupun darurat. (*)