Beranda Headline Karawang Gaduh Soal Tumpukan Sampah, Ketua DPRD: Memang di Mana?

Karawang Gaduh Soal Tumpukan Sampah, Ketua DPRD: Memang di Mana?

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Pendi Anwar saat dimintai tanggapannya kaitan permasalahan sampah di Kabupaten Karawang yang meresahkan masyarakat karena kondisinya menggunung dimana-mana, balik bertanya kepada Tvberita.

“Memang ada, di mana memang sampah-sampah menumpuk?,” Katanya santai, Jumat (6/3).

Tvberita pun lantas memberitahunya, di mana lokasi-lokasi gunungan sampah yang terpantau dan meresahkan masyarakat tersebut. Sejenak Pendi mendengarkan dan singkat ia menjawab, jika dirinya menduga ada kendala dengan masalah pengangkutannya.

“Mungkin ada kendala dalam pengangkutannya kali,” ucapnya.

Disoal Tvberita apakah kurangnya armada pengangkut sampah yang dimiliki Pemkab Karawang yang ia maksud, Pendi kembali menjawab bahwa jika memang armada sampah kurang, dan mempertanyakan, mengapa selama ini DLHK tidak menganggarkan dan mengajukan.

“Kita bukan tidak memprioritaskan, kalau selama ini mereka tidak menganggarkan, mana kita tahu,” kata Pendi keheranan jika kekurangan armada dijadikan DLHK sebagai alasan.

Ini jelas, kata Pendi, jika DLHK khususnya bidang Kebersihan tidak mempunyai perencanaan dan estimasi yang jelas kaitan permasalahan sampah. “Apakah sampah akan bertambah ditahun mendatang? Cukupkah armada yang dimiliki? Seharusnya mereka (DLHK) melakukan perhitungan dan perencanaan yang matang seperti itu,” pungkasnya.

“Mereka kan yang punya Rencana Kerja Anggaran (RKA), kalau mereka tidak mengajukan mana kita tahu,” tandas Pendi dengan raut wajah nampak sedikit kesal.

Disinggung kemudian, apakah jika ada pengajuan, Banggar (Badan Anggaran) akan menyetujui, Pendi sejenak terdiam. Menurutnya kalau saja DLHK mengajukan sebelum anggaran ketuk palu kemarin pasti terealisasi. “Kalau saat ini anggarannya tidak ada,” terangnya.

“Apakah ini bentuk efesiensi dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah?, Saya tidak tahu, karena kalau ada pengajuan pasti kita akan setujui anggaran pembelian armada sampah bagi DLHK. Kita kan gak tahu kebutuhan setiap OPD apa,” jelas Pendi yang juga merupakan Ketua Badan Anggaran DPRD Kabupaten Karawang.

Lebih lanjut, kata Pendi, DPRD juga sangat mendukung untuk hal-hal semacam itu, jika mereka (DLHK) memaparkan apa yang mereka butuhkan, dan sifatnya memang mendesak, pasti akan dianggarkan.

“Melalui Komisi III DPRD akan segera kita undang DLHK untuk meminta penjelasan seperti apa permasalahan dilapangan sebenarnya,” tandasnya. (nna/kie)