Beranda Health 4 Alternatif Pemanis Sehat, Cocok Untuk Pengganti Gula

4 Alternatif Pemanis Sehat, Cocok Untuk Pengganti Gula

Pengganti gula
Stevia (Foto: Istimewa/net.)

TVBERITA.CO.ID – Pemanis merupakan salah satu bahan wajib yang ada di dapur karena bisa menambah cita rasa pada segala jenis hidangan. Meski begitu, beberapa pemanis juga memiliki risiko yang mengkhawatirkan jika terlalu sering dikonsumsi.

Dalam beberapa tahun terakhir, alternatif pemanis yang lebih sehat telah meledak di pasaran. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, berikut 4 alternatif pemanis sehat yang bisa kamu pilih untuk menggantikan gula.

Pengganti gula
Madu (Foto: Istimewa/net.)
1. Kurma

Kurma yang dihaluskan bisa menjadi pemanis yang bagus untuk makanan yang dipanggang. Kurma tidak hanya memberikan rasa manis, tapi juga mengandung nutrisi penting. Serat adalah salah satu nutrisi paling penting dalam kurma dengan kandungan hampir dua gram dalam satu biji kurma.

2. Madu

Saat kamu memikirkan asupan kalori saat ingin menggunakan pemanis, madu bisa menjadi pilihan karena beberapa alasan. Pertama, madu lebih manis dibandingkan gula karena mengandung persentase fruktosa yang lebih tinggi dan kamu hanya perlu sedikit tambahan madu untuk mendapatkan rasa manis yang sama seperti menggunakan gula. Selain itu madu memiliki sifat antimikroba dan mungkin mampu mengurangi gejala alergi.

Baca juga: Manfaat Menghirup Aroma Kopi Bagi Kesehatan, Tingkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

3. Stevia

Stevia bisa ditambahkan pada jenis hidangan apa pun sebagai pengganti gula yang lebih sehat dan dinilai 200 kali lebih manis dibandingkan gula. Dengan hampir nol kalori per porsi, stevia adalah pilihan bagus bagi penderita diabetes atau kamu yang ingin menurunkan asupan gula.

4. Alulosa

Alulosa memiliki tekstur dan rasa yang mirip seperti gula dengan kalori dan gram karbohidrat yang jauh lebih sedikit. Pengganti gula ini secara alami hanya ditemukan pada beberapa makanan dan hanya mengandung sekitar 1/10 kalori dalam gula pasir. Hal ini menjadikan alulosa pilihan yang bagus bagi kamu yang perlu memperhatikan asupan gula atau kamu yang ingin menikmati rasa manis dengan kalori lebih sedikit.

Baca juga: Manfaat dan Kelebihan Lakukan Olahraga di Malam Hari

Itulah beberapa pengganti gula yang lebih sehat. Selain itu, ada beberapa pemanis yang wajib kamu hindari, seperti gula rafinasi, aspartam, xylitol, sortibol, dan sakarin. (*)