Beranda Ekonomi JD.ID Umumkan Tutup Permanen, Nasib Karyawannya Bagaimana?

JD.ID Umumkan Tutup Permanen, Nasib Karyawannya Bagaimana?

Jd.id tutup permanen
Perusahaan e-commerce JD.ID mengumumkan tutup permanen per tanggal 31 Maret 2023. (Foto/istimewa)

“Salah satu Langkah yang diambil manajemen adalah melakukan perampingan agar perusahaan dapat terus bergerak menyesuaikan dengan perubahan,” ujar Head of Corporate Communications & Public Affairs JD.ID, Setya Yudha Indraswara, dalam keterangannya, Selasa, 13 Desember 2022.

Baca juga: Di Kongres Automa 2022 Italia, Pertagas Bagikan Kiat Sukses Integrasi Digital Bisnis Gas

Dia menyatakan JD.ID berkomiten untuk terus memberikan dukungan kepada lebih dari 200 karyawan yang terdampak PHK. Perusahaan yang bermula dari startup itu berjanji memberikan manfaat asuransi serta dukungan berupa talent promoting. Hak-hak lain pun, menurut Setya Yudha, akan dipenuhi.

“Serta hak-hak lain yang sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku,” katanya.

Adapun langkah efisiensi JD.ID ini dilakukan menjelang akhir tahun berbarengan dengan adanya kabar bahwa e-commerce raksasa asal China, JD.com, mempertimbangkan untuk mundur dari pasar di Indonesia dan Thailand. JD.com adalah induk perusahaan JD.ID.

Pada akhir Mei 2022, Director of General Management JD.ID Jenie Simon membeberkan adanya PHK sejalan dengan peninjauan, penyesuaian, hingga inovasi atas strategi bisnis dan usaha.

“Lebih lanjut, JD.ID juga melakukan pengambilan keputusan seperti tindakan restrukturisasi, yang mana di dalamnya terdapat juga pengurangan jumlah karyawan,” kata Simon pada 26 Juni. (*)