Beranda News Ini Saran Kemenpar Agar Bekasi Night Carnival Bisa Naik Level

Ini Saran Kemenpar Agar Bekasi Night Carnival Bisa Naik Level

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Gelaran Bekasi Night Carnival sukses digelar dengan sambutan antusias dan meriah dari ribuan pengungjung yang hadir selama dua hari pelaksanaan Sabtu (23/3) hingga Minggu (24/3).

 

 

Meskipun sukses memanjakan pengunjung dengan suguhan karnaval yang memukau, tapi ada catatan penting dari Kementerian Pariwisata agar gelaran ini bisa naik kelas.

Masukan tersebut disampaikan Kepala Bidang Pemasaran Kemenpar Wawan Gunawan yang menyempatkan hadir menyaksikan acara pada Minggu malam.

“Karnaval ini sukses meski belum tertata baik,” ucapnya menarik simpulan usai menyaksikan rangkaian acara.

Kesuksesan tersebut terlihat dari besarnya antusiasme warga yang datang untuk menonton peragaan kostum-kostum yang ditampilkan juga suguhan aneka tari dan seni nusantara. Namun, peragaan kostum-kostum spektakuler juga sajian seni budaya yang ditampilkan semestinya bisa tampil lebih baik.

“Kalau yang saya lihat, masih sekedar ditampilkan apa adanya. Saya maklum karena ini gelaran perdana. Tapi jika memang Pemerintah Daerah serius menggarapnya, acara ini potensial menjadi kalender even tahunan berskala Nasional,” ucap Wawan yang juga merupakan Ki Dalang Wayang Ajen itu.

Ada setidaknya tiga hal yang harus dipersiapkan agar gelaran Bekasi Night Carnival bisa naik kelas. Yakni pelibatan kurator, penata desain, koreografer, hingga perwakilan model yang berskala Nasional.

“Di acara kali ini, tenaga profesional itu belum dilibatkan, sehingga penampilannya pun kurang rapi,” katanya.
Kemudian, agar bisa menjadi kalender event nasional, Bekasi Night Carnival harus mampu mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan gelaran lain yang sudah ada di Indonesia.

Lalu terakhir yang tak kalah penting ialah komitmen pemerintah daerah untuk konsisten menggelarnya kembali.
“Minimal sudah diselenggarakan tiga tahun berturut-turut, baru bisa diusulkan. Tapi tentunya setelah ada perbaikan-perbaikan penyelenggaraan,” pungkasnya.(ais/hms/kb)