Beranda Karawang Jokowi: Percuma Ekonomi Meningkat Jika Angka Penderita TBC Tinggi

Jokowi: Percuma Ekonomi Meningkat Jika Angka Penderita TBC Tinggi

CIMAHI, TVBERITA.CO.ID-  Joko Widodo (Jokowi) menyatakan tingkat perekonomian suatu daerah yang meningkat pesat tidak berarti apapun jika penderita TBC tinggi. Untuk itu, ia meminta semua stakeholder berperan aktif menyukseskan program tersebut agar kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bisa meningkat.

“Menjamin kesehatan masyarakat bukan hanya urusan dokter atau kepala dinas atau menteri semara. Tapi semua pihak. Semua harus ikut bergerak dan berperan,” kata Jokowi saat encanangkan gerakan eliminasi Tuberkulosis (TBC) di Techno Park, Kota Cimahi, Rabu (29/1). Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah menteri dalam kabinetnya. Di antaranya Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto; Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana.

Menurut Jokowi, faktor dari baik dan buruknya kesehatan manusia bisa merembet ke lini manapun. Ia mencontohkan, saat orang dalam keadaan tidak sehat, bekerja bisa terganggu, menempuh pendidikan bisa terganggu dan hal hal lainnya juga bisa terganggu.

“Saya hadir di sini karena sehat, kita harapkan seluruh masyarakat Indonesia sehat. SDM unggul adalah prioritas yang harus sehat semua. Saya ingin mendukung keras kegiatan eliminasi TBC pada tahun 2030. Percuma kalau masyarakat ga sehat, (nantinya) merembet ke mana-mana ke (sektor) pendidikan, ke pekerjaan, ke mana-mana,” ucap dia. (nji/kie)