Beranda Headline Ada Potensi Cuaca Ekstrem hingga 9 Juni 2024, BMKG Ingatkan Masyarakat Waspada

Ada Potensi Cuaca Ekstrem hingga 9 Juni 2024, BMKG Ingatkan Masyarakat Waspada

Cuaca ekstrem 9 juni 2024
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrim hingga 9 Juni 2024 mendatang. Foto: istimewa

TVBERITA.CO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem hingga 9 Juni 2024 mendatang.

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto menyebutkan, meskipun sebagian besar wilayah Indonesia telah memasuki awal musim kemarau, terdapat sebagian wilayah Indonesia lainnya yang masih dalam masa peralihan musim.

Baca juga: Hari Lingkungan Hidup, DLH Karawang Mau Bagikan 13 Ribu Bibit di Pangkalan dan Batujaya

Ia menjelaskan, ada beberapa faktor dinamika atmosfer seperti aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di Jawa bagian barat. Sehingga meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di Jawa bagian barat, termasuk Jabodetabek.

Selain itu, teramati adanya pola pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi), suhu muka laut yang hangat pada perairan wilayah sekitar Selat Sunda dan Laut Jawa, labilitas atmosfer yang tinggi serta adanya indikasi adveksi dingin dari selatan Jawa sehingga menyebabkan kelembapan yang tinggi di wilayah pulau Jawa.

“Kombinasi pengaruh fenomena-fenomena tersebut diprakirakan menimbulkan potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat berlangsung di sebagian wilayah Indonesia hingga 9 Juni 2024,” ujarnya dikutip dari siaran pers situs resmi BMKG pada Kamis, 6 Juni 2024.