Beranda Headline BMKG: Sepekan ke Depan Wilayah RI Berpotensi Hujan Lebat

BMKG: Sepekan ke Depan Wilayah RI Berpotensi Hujan Lebat

Foto: dok. Istimewa

TVBERITA.CO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, sepekan kedepan sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Kepala Pusat Meteorologi Publik, Andri Ramadani menyebutkan, potensi ini akan terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera bagian Utara dan Barat, sebagian besar wilayah Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan Barat dan Tengah, Sulawesi bagian Selatan dan Tenggara, Maluku dan Papua.

Baca juga: Pengamat Bilang Cellica Nurrachadiana Bisa Jadi King Maker di Pilkada Karawang 2024

“Waspada terhadap perubahan cuaca ekstrem, terutama wilayah-wilayah rawan bencana tanah longsor, banjir bandang, dan angin kencang,” ujarnya dikutip dari siaran pers di situs resmi BMKG pada Selasa, 23 April 2024.

Andri menerangkan, kondisi ini dipicu oleh beberapa faktor seperti; masih aktivnya gelombang atmosfer Rossby Ekuator dan Gelombang Kelvin di beberapa wilayah Indonesia.

Selain itu, faktor lainnya adalah kondisi kelembaban dan liabilitas atmosfer yang signifikan, serta terpantaunya sirkulasi siklonik di perairan barat Sumatra, Laut Banda, dan Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Baca juga: Tren Sleep Call, Aktivitas Pasangan Merasakan Kebersamaan Saat Tidur

“Pantau terus informasi peringatan dini cuaca melalui aplikasi info BMKG untuk mendapatkan informasi yang lebih detail,” terangnya.

Pihaknya juga berpesan kepada seluruh masyarakat di Indonesia untuk tidak panik, dan terus memantau perkembangan atau perubahan cuaca di situs BMKG.

“Tidak perlu panik, pantau terus perkembangan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG melalui berbagai kanal informasi resmi. Jangan percaya kabar maupun informasi yang tidak jelas asal muasalnya,” pungkasnya. (*)