Beranda Nasional DPR RI Minta Pemerintah Berikan Kemudahan Izin UMKM

DPR RI Minta Pemerintah Berikan Kemudahan Izin UMKM

KOTA BEKASI – Anggota Komisi VI DPR RI, Mahfudz Abdurahman meminta Pemerintah mempermudah perizinan dan permodalan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Hal ini disampaikan Mahfudz Abdurahman dalam program sosialisasi, upaya pemulihan ekonomi melalui penerapan perizinan berusaha berbasis resiko kepada UKM di Hotel Santika Premier Harapan Indah, Kota Bekasi.

“Ini adalah program Kementerian Investasi yang memiliki misi yang sama dengan komisi DPR keterkaitan dengan UU Cipta Kerja Omnibuslaw.

“Saya mengajak semua intansi untuk bersama-sama mewujudkan pemulihan ekonomi melalui sinergi dan koordinasi yang baik antara pemerintah dan swasta, terutama di bidang peningkatan daya saing investasi,” kata Mahfudz Abdurahman.

Menurut politisi fraksi PKS ini, keberhasilan reformasi struktural pemerintah akan menjadi faktor pendongkrak ekonomi dalam jangka menengah. Sementara program pemulihan ekonomi nasional akan mempercepat pemulihan ekonomi dalam jangka pendek.

“Intinya, dalam hal ini pemerintah memberikan kemudahan perizinan kepada UKM, dan diurus dengan cepat dan mudah dan murah. Kalau dulu ada latar belakang, mau buat izin susah dan mahal jadi lama, sekarang cepat dan dipermudah, agar dunia usaha UKM secara ekonomi terus berjalan pesat” paparnya.

Seiring dengan penanganan pandemi COVID-19 yang semakin membaik, ekonomi Indonesia juga diprediksikan rebound di tahun 2021 ini.

Diproyeksikan perekonomian Indonesia akan tumbuh 5,3 persen di 2021 dan 5,4-6 persen di tahun 2022.

“Dengan pemaparan yang saya sampaikan kepada para pelaku UKM, bahwa komisi VI akan terus mengawal advokasi hukumnya dalam perijinan bagi UKM, khusunya di dapil saya di Kota Bekasi,” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, harus ada kolaborasi antara industri, pemerintah, Komisi VI bidang ekonomi dan mikro, sebagai mitra kerja dari BUMN, Kementrian Koprasi UMKM, dan Kementerian Investasi.

“Saya minta kepada para mitra kerja, khususnya kepada kementerian Investasi, di tengah pandemi ini agar program sosialisasinya untuk prioritaskan di dapil saya di Kota Bekasi. Agar perekonomian pelaku UKM-nya terus berjalan lancar,” ujar Mahfudz Abdurahman.

Turut hadir narasumber dalam sosialisasi tersebut, anggota DPR RI Fraksi PKS dapil Jawa Barat, Direktur Wilayah II Kementerian Investasi/BKPM Rita. Anggota DPRD Propinsi Jawa Barar, Heri Koeswara. Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi Lintong Dianto Putra. (ais)

Artikel sebelumnyaDeklarasi Anti Tawuran Digaungkan di SMK PGRI Telagasari
Artikel selanjutnyaAsah Kemampuan Berkomunikasi, Universitas BSI Karawang Gelar Pelatihan Public Speaking