Beranda Headline Gudang Bulog Bakal Disiapkan Jadi Penampungan Logistik Pemilu 2024

Gudang Bulog Bakal Disiapkan Jadi Penampungan Logistik Pemilu 2024

Gudang logistik pemilu 2024
Suasana di gudang logistik KPU Kabupaten Bandung, 2019. TEMPO/Prima Mulia

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tengah merancang kerja sama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) terkait penyimpanan logistik Pemilu 2024.

“Kerja sama dengan BUMN misalnya gudang-gudang KPU Kabupaten/Kota. Kan ini semua tidak mudah untuk mencari gudang. Nah, ini kita kerja sama dengan Bulog-bulog setempat. Itu sudah kita lakukan kerja sama,” kata Ketua Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik KPU RI Yulianto Sudrajat kepada wartawan, Rabu (9/8/2023).

Baca juga: Pengamat Anggap Gugatan Habib Rizieq Shihab ke Bapas Jakpus Prematur

“Barang kali gudang Bulog selama waktu tertentu belum dipakai atau ada yang kosong itu dikerja samakan dengan KPU untuk menampung logistik,” sambungnya.

Sudrajat mengatakan gudang Bulog tak tersebar di semua wilayah. Dia mengatakan KPU juga akan bekerja sama dengan pemerintah setempat agar dapat meminjam fasilitas umum.

“Dukungan juga dari pemerintah daerah setempat barangkali punya tempat-tempat misalnya GOR, itu bisa jadi tempat untuk sortir lipat,” ujarnya.

Baca juga: KPU Purwakarta: Bila Ada Bacaleg Bermasalah Silahkan Sampaikan di Uji Publik

Sudrajat mengatakan KPU juga bakal menggandeng PT POS Indonesia. Kerja sama itu ditujukan untuk memudahkan distribusi logistik Pemilu 2024.

“Salah satu kerja samanya yang kita kerja samakan kegiatan dengan distribusi itu salah satunya dengan perusahaan-perusahaan distribusi termasuk PT POS. Itu bagian yang sejak dulu mendukung kegiatan distribusi logistik,” jelasnya. (*)