Beranda Headline Seleksi Dibuka September, Simak 10 Tips Ini Agar Kamu Lolos CPNS 2023

Seleksi Dibuka September, Simak 10 Tips Ini Agar Kamu Lolos CPNS 2023

10 tips lolos seleksi cpns 2023
Foto ilustrasi seleksi CPNS. (Istimewa)

TVBERITA.CO.ID – Kemenpan-RB mengumumkan Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 dibuka pada September mendatang.

Tentunya ini kesempatan bagi kalian khususnya fresh graduate yang berminat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Bagi kalian yang sedang mempersiapkan, kami merangkum beberapa tips agar kalian bisa lolos seleksi CPNS 2023.

10 tips lolos cpns 2023:

1. Pahami Syarat dan Ketentuan

Poin ini harus digarisbawahi terlebih dahulu, sebelum memulai persiapan tes CPNS 2023 anda wajib memahami tiap-tiap syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan.

Baca juga: Siap-siap! Pendaftaran CPNS 2023 Dibuka buat 1 Juta Formasi

Baca dengan teliti pengumuman pendaftaran CPNS 2023 untuk mengetahui persyaratan dan ketentuan apa yang harus dipenuhi oleh pendaftar. Pastikan anda memenuhi setiap syarat dan segeralah siapkan dokumen administrasi yang diperlukan dari sekarang.

2. Selalu Update Informasi

Dalam hal ini anda tidak boleh ketinggalan, pastikan untuk selalu mengupdate informasi seputar seleksi CPNS 2023.

Kalian bisa mendapatkan informasi dari media sosial, karena bukan tidak mungkin perubahan ketentuan ataupun tanggal dapat terjadi. Dengan selalu update informasi, pendaftar bisa antisipasi hal-hal tersebut.

3. Cari Kisi-kisi dan Rencanakan Jadwal Belajar

Jangan sampai kamu tidak memperhatikan hal ini, cobalah untuk mencari kisi-kisi soal CPNS ditahun lalu. Karena kisi-kisi bisa memberikan gambaran bagi pendaftar CPNS.

Baca juga: Fenomena Gugur Massal PPPK Bikin Prihatin, Honorer Teknis Perlu Diberi Afirmasi

Kisi-kisi ini bisa didapatkan dari sebuah buku, internet atau bahkan aplikasi. Temukan beberapa kisi-kisi dan mulailah buat perencanaan belajar.

4. Simulasi

Cobalah berlatih seperti anda sedang tes sungguhan, gunakan kisi-kisi dan berlatihlah sampai anda terbiasa mengerjakan soal-soal tersebut. Atau anda juga bisa mengikuti sebuah tryout agar simulasi terasa lebih sungguhan.

Semakin sering simulasi, dimungkinkan semakin mudah anda mengerjakan tes. Jadi, rajin-rajin berlatih ya. Tanpa berlatih anda bisa saja kesulitan dan kebingungan.

5. Ikut Kelompok Belajar

Jika kamu kesulitan belajar sendiri, atau ingin hasil belajarnya lebih perfect, mengikuti kelompok belajar sangat bisa dicoba.

Dengan mengikuti kelompok belajar, kemungkinan bisa lebih mempermudah si pendaftar. Kalian bisa mengatasi kesulitan belajar dengan membentuk kelompok belajar, atau bisa juga dengan mengikuti bimbel CPNS yang ada mentornya.

6. Persiapan Dokumen Administrasi

Ketika syarat dan ketentuan sudah diketahui dan dibaca dengan teliti, pastikan anda segera melengkapi secara keseluruhan. Jangan sampai ada dokumen administrasi yang terlewat, karena kelengkapan administrasi adalah yang mutlak yang menjadi penilaian. Pastikan juga validitas dokumen administrasi yang anda siapkan.

Baca juga: Demi Merawat Ibu yang Sakit, CPNS Karawang Ini Putuskan Mundur Jadi Abdi Negara

7. Perhatikan Kondisi Fisik dan Psikis

Selain mempersiapkan diri secara akademik, anda juga jangan sampai lupa dengan kesehatan fisik. Tubuh dengan kondisi yang sehat akan lebih membantu, karena ketika sakit berpotensi tidak jernih dalam berpikir, apalagi mengerjakan soal ujian yang jumlahnya tidak sedikit.

Selain itu, tubuh yang tidak sehat dapat mempengaruhi kondisi psikis. Sehari sebelum tes CPNS dimulai, anda bisa ambil jeda untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran.

8. Pahami Lokasi Tes

Pastikan anda mengetahui lokasi tes yang sudah ditentukan, memahami lokasi tes adalah sebuah antisipasi agar pendaftar tidak tersesat dan membuang waktu ketika hari pelaksanaan sudah tiba.

Jadi, pahami lokasi tes dan datanglah lebih awal.

Baca juga: Asyik, THR dan Gaji ke-13 CPNS di Karawang Cair, Segini Besarannya

9. Berdoalah dan Minta Restu Orang Tua

Setelah melakukan upaya dengan mempersiapkan ujian dengan matang, jangan lupa berdoa dan berserah kepada Tuhan. Kemudian mintalah doa restu dari orang tua agar segala sesuatunya lebih dipermudah, sebab ridho orang tua adalah ridho Tuhan.

10. Mengerjakan dengan Tenang

Utamakan mengerjakan soal ujian dengan fokus, tenang dan tidak tergesa-gesa. Perhatikan waktu dan jawablah soal-soal yang mudah dikerjakan terlebih dahulu. Jika persiapan anda sudah matang sebelumnya, kemungkinan lolos juga besar. Kerjakan soal dengan teliti dan optimis. (*)