Beranda Olahraga Sederet Pemain Naturalisasi Timnas di Era Shin Tae-yong

Sederet Pemain Naturalisasi Timnas di Era Shin Tae-yong

Timnas Indonesia
Internet

TV BERITA – Pelatih Shin Tae-yong terus memburu pemain berdarah Indonesia. Sejauh ini sudah ada enam pesepakbola yang dinaturalisasi.

Shin Tae-yong berupaya keras membuat Timnas Indonesia menjadi kuat di level Asia. Salah satu caranya adalah dengan menaturalisasi pesepakbola di Eropa yang punya darah Indonesia.

Baca juga: Daftar Lengkap Pengurus PSSI 2023-2027: Erick Thohir Ketua, Ratu Tisha Wakilnya

Sandy Walsh

Sandy Walsh
Internet

Sandy Walsh resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 17 November 2022 dan melepas status warga Belanda. Dia memiliki darah Indonesia dari nenek sang nenek.

Brigitta Portier selaku ibu Sandy, lahir dari orang tua berasal Malang. Sandy juga sempat mengaku bahwa sang kakek dari Surabaya.

Jordi Amat

Jordi amat
Internet

Jordi Amat menuntaskan proses naturalisasinya bersamaan dengan Sandy Walsh. Dia semula tercatat sebagai warga Spanyol.

Jordi Amat keturunan Indonesia yang lahir dan besar di Barcelona. Dia mengaku memiliki darah Indonesia dari neneknya.

Shayne Pattynama

Shayne Pattynama
Internet

Shayne, yang semula warga Belanda, memiliki darah keturunan Indonesia melalui ayahnya yang beretnis Maluku dari Pulau Haruku, Maluku Tengah yang lahir di Semarang, Jawa Tengah. Ayah sang pemain sejatinya sudah meninggal dunia.

Kendati punya darah keturunan langsung Indonesia, Shayne Pattynama tetap menjalani proses naturalisasi sesuai UU Nomor 12 Tahun 2006 pasal 20. Proses ini melalui Keputusan Presiden sebagai orang asing yang berjasa untuk Indonesia demi kepentingan negara.

Baca juga: Pemkab Bekasi Siapkan Rp 40 M untuk Sarpras Olahraga

Ivar Jenner

Ivar Jenner
Internet

Ivar Jenner lahir di Utrecht, Belanda, pada 10 Januari 2004. Ivar memiliki darah keturunan Indonesia yang berasal dari neneknya, ibu dari ayahnya yang lahir di Jember, Jawa Timur.

Debut Ivar tak main-main. Dia tampil saat Indonesia melawan Argentina pada ajang uji coba.

Rafael Struick

Rafael Struick
Internet

Rafael Struick resmi menjadi warga Indonesia pada 22 Mei 2023. Dia juga memulai debut membela Timnas Indonesia dalam laga uji coba melawan Argentina.

Struick memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Brian Struick, yang merupakan keturunan Jawa. Ibunya, Soraya Noraly Soedito, berasal dari Suriname.

Justin Hubner

Justin Hubner
Internet

Dikutip dari sport.detik. Hubner menjadi pemain keenam yang dinaturalisasi, meski sempat terhenti di tengah jalan. Status Hubner sah sebagai WNI terjadi pada Rabu, 6 Desember 2023.

Justin Hubner memiliki darah keturunan Indonesia dari sang kakek asal Makassar, yaitu Ferdinand Rudolf Hubner. Seiring berjalannya waktu, Ferdinan Patrick Rudolf Hubner menyandang warga Belanda dari perkawinan campur. (*)