Beranda Headline Komentari soal Debat Capres 2024, Jokowi: Tidak Mengedukasi

Komentari soal Debat Capres 2024, Jokowi: Tidak Mengedukasi

Jokowi debat capres 2024
Presiden Jokowi menilai debat capres 2024 edisi kedua tidak mengedukasi, karena lebih cenderung menyerang personal dibanding beradu visi dan gagasan. (Foto: ist)

JAKARTA – Presiden Jokowi Dodo (Jokowi) ikut mengomentari debat calon presiden (capres) 2024. Jokowi menilai debat tidak edukatif karena ketiga capres saling serang secara personal.

Debat capres kedua ini digelar Minggu, 7 Januari 2024 lalu. Jokowi menyayangkan proses debat yang berlangsung, karena ia melihat ketiga capres saling serang dengan motif personal.

Baca juga: Berita Bohong soal Politik Mencapai Ribuan, Bawaslu RI Bagikan 7 Kiat Berantas Hoaks

“Saling menyerang enggak apa-apa, tapi kebijakan, policy, visinya yang diserang. Bukan untuk saling menjatuhkan dengan motif-motif personal. Saya kira enggak baik dan enggak mengedukasi,” ujarnya kepada awak media.

Baca juga: Daftar 11 Panelis Debat Capres Kedua pada 7 Januari 2024

Ia menambahkan, debat yang ditonton rakyat secara langsung, seharusnya mencerminkan edukasi. Karena bagaimanapun, melalui debat masyarakat Indonesia akan menilai bagaimana kualitas calon pemimpinnya kedepan.

“Tapi kalo sudah menyerang personal, pribadi yang tidak ada hubungan dengan konteks debat mengenai hubungan internasional, mengenai geopolitik, mengenai pertahanan dan lain-lain saya kira kurang memberikan pendidikan, kurang mengedukasi masyarakat yang menonton. saya kira akan banyak yang kecewa,” tambahnya.

Baca juga: Jokowi Siapkan Rekrutmen 690 Ribu Formasi CPNS 2024 Khusus Fresh Graduate

Karena hal ini, Jokowi menyarankan Komisi Penyelenggaraan Pemilu (KPU) untuk memperbaiki format debat capres 2024 agar bisa lebih edukatif bagi masyarakat.

“Debatnya memang perlu diformat lebih baik lagi, ada rambu-rambu sehingga hidup,” pungkasnya. (*)