Beranda Headline Bangganya Bupati Cellica Melihat Yaris Cross Produksi Karawang Tembus Pasar Internasional

Bangganya Bupati Cellica Melihat Yaris Cross Produksi Karawang Tembus Pasar Internasional

Bupati karawang yaris cross
Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana turut hadir mendampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam pelepasan produksi pertama dan seremoni ekspor perdana Yaris Cross di fasilitas pabrik TMMIN di Karawang.

KARAWANG – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mempersiapkan Toyota Yaris Cross untuk diekspor ke kawasan Amerika Latin dan Asia.

Mobil Yaris Cross menjadi kendaraan kedua buatan Karawang yang tembus pasar internasional setelah Innova Zenix.

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana turut hadir mendampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam pelepasan produksi pertama dan seremoni ekspor perdana Yaris Cross di fasilitas pabrik TMMIN di Karawang.

Menurutnya, hal ini merupakan tonggak penting bagi Toyota dan industri otomotif Indonesia, yaitu line off dan export ceremony Yaris Cross khususnya pada varian hybrid electric vehicles atau mobil berbahan bakar listrik.

Baca juga: Susul Innova Zenix, Yaris Cross Buatan Karawang Mulai Diekspor ke Amerika Latin dan Asia

“Dan ini tentu saja akan membawa Indonesia lebih jauh menuju percepatan masa depan yang lebih hijau dan lebih sadar lingkungan,” kata Cellica dalam keterangannya, Selasa (13/6/2023).

Varian Yaris Cross sendiri sudah mengantongi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 80 persen ini akan dikirim ke lebih dari 25 negara di Asia dan Amerika Tengah-Selatan dengan proporsi sekitar 60 persen dari total produksi.

“Menteri Perindustrian pak Agus Gumiwang juga terus mendorong supaya TMMIN memperlebar ekspor ke pasar Australia.

Kita bersyukur, kehadiran pabrik-pabrik raksasa di Karawang khususnya pabrikasi di bidang otomotif telah ikut memberikan sumbangsih nyata dalam pertumbuhan ekonomi,” ulasnya.

Baca juga: Wah! Toyota Veloz Buatan Karawang Laku Keras di Amerika

Toyota Indonesia pada tahun 2023 menargetkan ekspor Yaris Cross versi bensin dan HEV sebanyak lebih dari 22.000 unit ke negara-negara di kawasan Amerika Latin dan Asia.