Beranda Bandung Dinilai Bermasalah, Bawaslu Rekomendasikan 58 TPS di Jabar Lakukan PSU dan PSL

Dinilai Bermasalah, Bawaslu Rekomendasikan 58 TPS di Jabar Lakukan PSU dan PSL

Bawaslu jabar rekomendasikan psu
Ilustrasi pemungutan suara. Foto: istimewa

BANDUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat (Jabar) rekomendasikan 58 TPS di wilayah setempat melakukan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL).

Kordiv Hukum dan Diklat Bawaslu Jabar Usep Agus Zawari menyebutkan, terdapat 15 TPS yang direkomendasikan untuk PSU, di antaranya 3 TPS di Kota Bekasi, 1 TPS di Kota Bandung, 5 TPS di Kota Cirebon, 2 TPS di Kabupaten Cirebon, 3 TPS di Kabupaten Indramayu dan 1 TPS di Kabupaten Purwakarta.

Adapun untuk PSL ada di 43 TPS. Rinciannya, 1 TPS di Kabupaten Subang, 13 TPS di Kabupaten Bogor, 3 TPS di Kota Cimahi, dan 26 TPS di Kota Bekasi.

Baca juga: Wargi Jabar Wajib Tahu, Berikut 8 Jenis Bahasa Sunda Serta Karakteristiknya

Menurutnya, ada beragam alasan sebuah TPS direkomendasikan untuk PSU ataupun PSL.

Di Kota Bandung misalnya, ada eksodus pemilih ke TPS 53 Kelurahan Gegerkalong Kecamatan Sukasari. Yakni ada 20 mahasiswa asal luar kota yang mencoblos padahal tidak termasuk dalam DPT, DPTb, ataupun DPK.

Lebih lanjut ia mengurai, sesuai ketentuan ada beberapa hal pemungutan di TPS dapat diulang. Bisa karena faktor bencana alam atau kerusuhan yang mengakibatkan pemungutan tidak dapat dilakukan.