Beranda Regional Disnakertrans Karawang: Belum Ada Keluhan Pembayaran THR

Disnakertrans Karawang: Belum Ada Keluhan Pembayaran THR

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, H. Ahmad Suroto, pastikan belum ada perusahaan di Kabupaten Karawang yang mengeluhkan, kaitan dengan kondisi perusahaan dalam rangka pembayaran gaji dan Tunjangan Hari Raya 2019.

Karena, untuk pembayaran gaji dan THR Karyawan, menurut Suroto, perencanaan sudah dilakukan pihak perusahaan ditahun sebelumnya. Sehingga secara tidak langsung, perusahaan-perusahaan ini siap dan sudah menganggarkan sejak tahun sebelumnya.

“Belum ada keluhan. Karena THR ini adalah perencanaan perusahaan yang dilakukan ditahun sebelumnya dan sudah jelas sudah dianggaarkan sejak awal,” ujar Suroto menjelaskan.

Dan sejak surat edaran Disnakertrans Kabupaten Karawang tentang Pemberian THR dan Angkutan Mudik Lebaran 2019 dengan Nomor 568/2647/HIPK diterbitkan, Hingga hari ini secara umum perusahaan yang ada di Kabupaten Karawang belum ada yang mengeluhkan pembayaran gaji karyawan di bulan Mei dan THR.

Meski, ada satu perusahaan yang sudah menyatakan ketidaksanggupannya, dan menyatakan mundur atau walk out karena pailit atau bangkrut.

Bahkan, Ditegaskan Suroto, pihaknya pun sudah melakukan pemanggilan kepada perusahaan tersebut yaitu PT. Pamindo, dan memberikan pemahaman meski jika pun perusahaan tersebut sudah tidak sanggup atau walk out tetapi tetap hak- hak karyawannya harus dibayarkan.

“PT. Pamindo ini sudah tidak mampu lagi menggaji karyawannya apalagi THR, bahkan membayar kewajiban utamanya yaitu membayar iuran BPJS karyawannya pun sudah tidak sanggup,” ujar Suroto.

Dan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, ia menuturkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan bagian terkait untuk segera melakukan penyelidikan atas pelanggaran yang dilakukan PT. Pamindo.

“Kita sudah berkoordinasi dengan bagian terkait, karena tidak membayar BPJS Ketenagakerjaan saja sudah kena tindak pidana,”pungkasnya.(nna/ris)