Beranda Karawang DPPKB Karawang Hadirkan Sekolah Lansia di Desa Karanganyar

DPPKB Karawang Hadirkan Sekolah Lansia di Desa Karanganyar

Sekolah lansia di karawang
DPPKB Karawang resmi me-launching Sekolah Lansia di Desa Karanganyar, Kecamatan Pedes pada Kamis, 29 Februari 2024.

KARAWANG – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Karawang resmi me-launching Sekolah Lansia di Desa Karanganyar, Kecamatan Pedes pada Kamis, 29 Februari 2024.

Sekolah lansia tersebut turut diresmikan langsung oleh BKKBN Jawa Barat dan diberi nama Hidayatul Magfiroh.

Kepala DPPKB Karawang, Sofiah melalui Sekretarisnya Imam Bahanan menyampaikan, sekolah lansia Hidayatul Magfiroh merupakan sekolah ketiga di Karawang setelah Kecamatan Tirtamulya dan Cilamaya Kulon.

Baca juga: Pria Asal Jakbar Ditemukan Tewas di Karawang, Motor Nyemplung ke Irigasi

Sekolah lansia ini, kata Imam, pengelolaannya dianggap baik serta mendapatkan dukungan kuat sehingga dijadikan percontohan oleh BKKBN Jawa Barat.

“Kami targetkan 1 kecamatan memiliki 1 sekolah lansia. Saat ini sudah berjalan satu desa satu bina keluarga lansia. Mudah-mudahan sekolah lansia Kecamatan Pedes bisa menjadi contoh untuk kecamatan lainnya,” ujar Imam saat diwawancarai.

Ia melanjutkan, seluruh pengelola sekolah lansia ini sudah melalui training oleh BKKBN Jawa Barat. Mereka telah memiliki ruang kelas mumpuni untuk kegiatan para lansia.

Baca juga: Akuatik Karawang Gembleng Atlet Jelang Porda 2026

Dijelaskan Imam, hadirnya sekolah lansia ini sejalan dengan program Bangga Kencana tentang pembinaan keluarga sejahtera pada usia senja, lansia rentan terkena penyakit dan tidak produktif.

Nantinya para lansia akan diajarkan banyak hal oleh para kader KB untuk tetap hidup sehat dan mandiri diusianya yang sudah senja.