Beranda Karawang Ekskul Pencak Silat Resmi Diwajibkan, Ribuan Pelajar di Karawang Sambut Antusias

Ekskul Pencak Silat Resmi Diwajibkan, Ribuan Pelajar di Karawang Sambut Antusias

Ekskul pencak silat di karawang
Suka cita pegiat pencak silat di Karawang menyambut kabar ekskul silat diwajibkan di sekolah.

KARAWANG – Seni bela diri pencak silat kini resmi dijadikan sebagai ekstrakulikuler (ekskul) wajib di sekolah. Ribuan pelajar berbagai tingkatan merayakan kabar baik tersebut lewat pagelaran seni pencak asli Indonesia di Lapangan Karangpawitan, Karawang pada Kamis pagi, 28 Desember 2023.

Ketua Umum DPW Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Provinsi Jawa Barat, Galih Santika mengatakan, ekskul pencak silat merupakan upaya mempertahankan dan melestarikan budaya Indonesia khususnya Jawa Barat.

Menurutnya, tren positif ini harus didukung oleh seluruh pegiat seni pencak silat, khususnya di Karawang.

Baca juga: Operasi Jagratara saat Nataru, 73 TKA di Karawang dan Purwakarta Diperiksa Imigrasi

“Ini bisa menjadi triger kebangkitan kembali kebudayaan Indonesia terutama Jawa Barat yang selama ini belum mendapatkan tempat khusus terutama di tingkat daerah,” ucap Galih, Jumat, 29 Desember 2023.

Sekda Karawang sekaligus Ketua DPD PPSI, Acep Jamhuri mengutarakan, pencak silat merupakan warisan budaya sejak turun-temurun, patut dilestarikan dan dikembangkan oleh generasi sekarang hingga masa mendatang melalui ekskul wajib di sekolah.

“Dalam catatan sejarahnya, Pencak Silat ini digunakan ebagai alat perjuangan pada masa masa kemerdekaan. Silat bisa mengasah penguatan diri, mental dan spirtual. Pada pergerakan kemerdekaan awal abad 20 an, orang tua kita berkumpul diawali dengan pengajian, pembacaan salawat, kemudian berpikir bagaimana memerdekakan bangsa. Kemudian lahirlah sebuah gerakan pencak silat,” terang Acep.

Baca juga: Bank bjb-Pemkab Karawang Perkuat Kolaborasi, Optimalkan Transaksi Digital lewat KKPD

Apalagi, saat ini seni bela diri Pencak Silat sudah mendunia. Bahkan, menjadi salah satu cabang olahraga (Cabor) yang ikut dipertandingkan dalam sejumlah ajang bergengsi nasional dan internasional.

“Pencak silat sudah selayaknya jadi kegiatan ekstrakurikuler siswa di sekolah. Sebab, saat ini seni bela diri ini makin terkenal. Kita ingin Karawang bisa mencetak atlet pencak silat yang berprestasi, baik di ajang tingkat daerah, bahkan nasional dan internasional,” ungkapnya. (*)