Beranda Headline Geram Jembatan KW 6 Karawang Ambles, Bupati Tuntut Tanggungjawab Kontraktor

Geram Jembatan KW 6 Karawang Ambles, Bupati Tuntut Tanggungjawab Kontraktor

KARAWANG – Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengaku geram saat mengetahui jembatan KW6 di Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Karawang mengalami kerusakan.

Padahal, dirinya belum genap satu bulan meresmikan jembatan yang menelan anggaran Rp10 Miliar itu.

“Belum berapa lama saya resmikan jembatan itu, baru dua minggu amblas. Alasannya longsor,” kata Cellica, Senin (17/1), saat memimpin apel di halaman kompleks Pemda Karawang.

Menurutnya, akibat rusaknya jembatan tersebut, membuat dampak buruk terhadap kinerja pemerintah daerah Kabupaten Karawang.

Baca juga: Baru Diresmikan, Pondasi Jembatan KW 6 Karawang Malah Ambles

Ia menuntut pihak ketiga selaku pemegang proyek agar segera melakukan perbaikan. Bahkan ia siap memantau langsung sejauh mana tanggungjawab pekerjaannya.

“Saya akan memantau, saya akan minta pihak ketiga mempertanggungjawabkannya, sehingga tidak menjadi opini yang tidak baik bagi pemerintah Karawang,” tandasnya.

Seperti diketahui, jembatan selebar 7 meter dan panjang 43,50 meter ini baru diresmikan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana pada 29 Desember 2021. Namun saat ini kondisinya retak dan terbelah hingga ke tengah jalan.

Diduga penyangga jembatan yang amblas sepanjang 20 meter jadi penyebab retakan. Material jembatan yang menempel di sisi saluran irigasi longsor hingga membuat sisi jembatan amblas. Hal itu membuat jalan di jembatan retak dan terbelah hingga sepanjang lima meter.

Pantauan di lapangan, Senin (17/1), jembatan tersebut sudah ditutup. Karena berbahaya, pengguna jalan dilarang melintasi jembatan tersebut.

Sementara itu, sampai berita ini dibuat belum ada pernyataan resmi dari Dinas PUPR Karawang selalu dinas yang bertanggungjawab atas pembangunan jembatan. (kii)