Beranda Headline Hari Perempuan Internasional: Kisah Inspiratif Hera, Polwan Cantik di Karawang yang Gigih...

Hari Perempuan Internasional: Kisah Inspiratif Hera, Polwan Cantik di Karawang yang Gigih Perjuangkan Kesetaraan

Hari perempuan internasional di karawang
Kapolsek Lemahabang, Ipda Herawati bercerita banyak seputar pengalamannya di Hari Perempuan Internasional. Foto: dok. Istimewa

KARAWANG – Hari perempuan internasional atau International Women Day (IWD) diperingati setiap tanggal 8 Maret. Hari spesial bagi kaum hawa ini menjadi momentum untuk lebih mengapresiasi peran perempuan dalam berbagai hal.

Seperti hal nya Kapolsek Lemahabang, Karawang, Ipda Herawati. Dia merupakan Kapolsek wanita satu-satunya di Kabupaten Karawang.

Diketahui, Ipda Herawati sudah berkiprah di kepolisian selama 33 tahun, terhitung sejak tahun 1991.

Baca juga: Cerita Bupati Karawang Tunaikan Nazar Perbaiki Masjid: Demi Orang Tua, Pakai Uang Pribadi

“Saya masuk polisi tahun 1991/1992 dengan pendidikan BA Milsuk Wan XI 1991/1992 di Sepolwan Jakarta kemudian ditempatkan di Polda Jabar, Polres Karawang, Polresta Bogor, Polres Karawang sampai sekarang,” tuturnya kepada tvberita.co.id pada Jumat, 8 Maret 2024.

Perempuan berusia 50 tahun ini bercerita, menjadi polisi wanita bukanlah hal mudah, ada suka duka tersendiri yang ia rasakan. Namun dirinya bersyukur karena lingkungan tempat ia bekerja, selalu menjunjung kesetaraan tanpa memandang gender.

“Tantangannya itu, kebanyakan kan polisi laki-laki. Kita dituntut untuk bisa bekerja seperti polisi laki-laki (secara fisik). Kita kerja setata seprofesional dan seproporsional mungkin,” ujarnya.

“Pokoknya motivasi saya mengabdi kepada nusa dan bangsa serta membanggakan orang tua. Apapun gendernya, tidak ada larangan untuk mengabdi,” tambahnya.

Baca juga: Pemkab Karawang Siapkan Strategi Realisasikan Target Penurunan Stunting

Selain dituntut untuk bekerja setara dengan laki-laki, ada tugas-tugas menantang yang pernah ia alami.