Beranda Karawang Pemkab Karawang Siapkan Strategi Realisasikan Target Penurunan Stunting

Pemkab Karawang Siapkan Strategi Realisasikan Target Penurunan Stunting

Strategi penurunan stunting di karawang
Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Karawang menggelar kegiatan rembuk stunting, dan menyiapkan strategi penurunan stunting di tahun 2024.

KARAWANG – Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Karawang menggelar kegiatan rembuk stunting, dan menyiapkan strategi penurunan stunting di tahun 2024.

Bupati Karawang sekaligus ketua TPPS Karawang, Aep Syaepuloh melalui Plh Sekda Eka Sanatha menyampaikan, kegiatan rembuk stunting ini merupakan salah satu dari 8 aksi konvergensi yang harus dilaksanakan.

Tujuannya adalah, untuk memastikan peran seluruh instansi dalam pencegahan dan penurunan stunting berjalan sesuai target.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Sehat untuk Anak yang Alami Stunting

“Langkah ini menjadi komitmen pemerintah untuk memperkuat program percepatan penurunan stunting di Karawang,” ujarnya pada Kamis, 7 Maret 2024.

Ia memaparkan, ada 3 tantangan besar yang dihadapi TPPS Karawang dalam upaya penurunan stunting. Tantangan tersebut antara lain, masih banyak indikator penurunan stunting yang belum tercantum dalam Perpres No 72 tentang Stunting (belum tercapai).

Ia menyebutkan, baik intervensi spesifik maupun sensitif seharusnya dipastikan selesai tepat waktu.

Tantangan lainnya, TPPS Karawang harus siap sedia memantau pertumbuhan calon pengantin, ibu hamil, ibu nifas, sampai bayi dua tahun sebagai upaya dini terhadap kasus baru.

Baca juga: Diduga Korupsi PJU, 2 Pejabat Dishub Karawang Ditahan Jaksa

“Tentu saya TPPS tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Desa perlu mengawal proses perencanaan hingga memantau, melakukan evaluasi pada kegiatan penurunan stunting di wilayah masing-masing,” tegasnya.