Beranda Karawang HUT ke-77 PGRI di Purwasari: Momentum Guru Tingkatkan Pendidikan Berkualitas

HUT ke-77 PGRI di Purwasari: Momentum Guru Tingkatkan Pendidikan Berkualitas

HUT ke-77 PGRI
Acara HUT ke-77 PGRI Cabang Purwasari diwarnai berbagai kegiatan.

KARAWANG – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Purwasari menggelar HUT ke-77 PGRI di lingkungan Kecamatan Purwasari, Senin (21/11).

Acara diawali dengan upacara dan karnaval, kemudian dilanjut dengan jalan santai dan berbagai perlombaan.

Ketua Pelaksana HUT PGRI Cabang Purwasari Ahmad Zen menyebut, peran guru di lingkungan sekolah sangat vital.

Melalui pelaksanaan HUT ke-77 PGRI ini, ia menyampaikan beberapa poin yang wajib dimiliki oleh setiap tenaga pengajar.

Baca juga: Pertama di Jawa Barat, PGRI Karawang Terapkan E-Voting dalam Pemungutan Suara

“Saya sangat mendambakan seorang guru yang memiliki karakter kebudayaan yang kuat, khususnya dalam beretika yang mengikuti adat ketimuran. Untuk itu, saya akan selalu menanamkan proses itu, termasuk dalam kegiatan HUT PGRI Cabang Purwasari ini,” kata Zen.

Sebelum tumbuh dalam diri seorang guru, kata Zen, kesadaran, komitmen budaya serta mutu di kalangan guru dan pemangku kepentingan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sangatlah penting untuk mencapai tingkat pendidikan yang berkualitas.

Maka, guru sendiri lah yang wajib meneladani semangat dan memiliki dedikasi seorang guru sebagai pendidik profesional dan bermartabat bagi semua anak bangsa, dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu.

Ditambah lagi, semua pihak harus mampu meningkatkan kesadaran dan kepedulian. Termasuk pemerintah dan masyarakatnya itu sendiri.

Baca juga: Unggul Telak, Lela Nurlaela Resmi Jadi Ketua PGRI Klari 2022-2027

Dalam hal ini, mereka yang duduk di kalangan pemerintah harus menyadari pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dalam pendidikan.

“Seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya, saya harap bisa merubah diri dan kesadarannya dalam proses mendidik siswa. Bukan hanya guru, semuanya harus memiliki tanggungjawab bersama dalam membangun karakter siswa,” tutupnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan ini, turut ikut serta juga guru-guru TK, PAUD sd SLTA sederajat. (rok/kii)