Beranda Bogor Menikmati Pesona Lembah Tepus, Wisata Air Terjun Bertingkat di Bogor

Menikmati Pesona Lembah Tepus, Wisata Air Terjun Bertingkat di Bogor

Wisata lembah tepus bogor
Pesona alam wisata Lembah Tepus di Kabupaten Bogor.

BOGOR – Lembah Tepus di wilayah Pasir Reungit, Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan menjadi salah satu destinasi wisata alam tersohor di Kabupaten Bogor.

Pasalnya, lembah tersebut menyajikan pemandangan air terjun (curug) dengan kolam bertingkat yang tertata.

Alfi (20) salah satu pengunjung asal Depok menuturkan, ia dan keluarganya seringkali liburan di Lembah Tepus karena airnya yang sangat segar dan juga jernih.

“Bisa buat renang dan bersantai dengan keluarga, setiap kesini gapernah kecewa karena pengelolaannya bersih dan tertata,” tuturnya, Rabu, 15 November 2023.

Selain Lembah Tepus ada beberapa destinasi wisata lain yang berdekatan (masih se-area), diantaranya Curug Pangeran, Curug Kondang, Ciparay Hot Spring dan Kawah Putri.

Salah satu pengelola menyebutkan, dari beberapa area tersebut Lembah Tepus dan Curug Pangeran adalah destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

“Perbedaannya, Lembah Tepus itu kolam ombag (tingkat) sedangkan Curug Pangeran air terjun,” papar salah satu pengelola.

Bagi traveller yang berminat liburan ke Bogor, berikut informasi rinci mengenai wisata Lembah Tepus:

Wisata lembah tepus bogor
Lembah Tepus di wilayah Pasir Reungit, Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan menjadi salah satu destinasi alam tersohor di Kabupaten Bogor.
Jam Operasional

Buka setiap hari dari Senin hingga Minggu mulai pukul 07.00 pagi hingga 17.00 WIB.

Fasilitas

– Curug kolam bertingkat dengan air yang segar dan jernih.
– Camp area.
– Spot foto gratis.
– Gazebo untuk istirahat.
– Toilet.
– Penginapan.

Harga Tiket

Baik anak-anak maupun dewasa dikenakan tarif Rp.10.000 perorang. Dengan membayar Rp.10.000 pengunjung diperbolehkan renang dan mengambil foto secara gratis (tidak bayar ulang).

Namun, khusus untuk penggunaan toilet dan parkir pengunjung akan dikenakan biaya tersendiri dengan harga; toilet Rp.3.000 perorang dan parkir Rp.5.000 perkendaraan.

Sementara, bagi pengunjung yang ingin melakukan camping, dikenakan biaya Rp.30.000 perorangan dengan include listrik, toilet dan kolam Lembah Tepus tanpa membayar double.

Trek Menuju Lembah Tepus

Lembah Tepus bisa diakses menggunakan kendaraan roda 2 maupun 4. Perjalanannya berada di atas ketinggian dengan track nanjak turun serta berkelok.

Berhubung track lumayan curam, pengunjung diharap memperhatikan keamanan kendaraan sebelum menuju ke Lembah Tepus.

Rute dari Karawang

Secara gambaran besar, masyarakat Karawang yang ingin mencoba destinasi tersebut akan dikenakan waktu sekitar 3 hingga 4 jam.

Apabila menggunakan motor, jarak tempuh sekitar 3 jam 55 menit, dari Karawang menuju arah Cileungsi, lalu ke Cibinong dan akan sampai di Kabupaten Bogor.

Jika menggunakan mobil, bisa menggunakan jalan tol dengan biaya Rp.50.500, lalui jalur berbeda ke Cibinong lalu ke Kota Bogor. (*)