Beranda Headline Pengecekan Hewan Kurban di Karawang Digelar Secara Maraton

Pengecekan Hewan Kurban di Karawang Digelar Secara Maraton

Pengecekan hewan kurban di karawang
DPKP Karawang terus menggarap pengecekan hewan kurban di Karawang.

KARAWANG – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Karawang terus mengejar pengecekan kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 2023.

Kepala Bidang Peternakan DPKP Karawang, Handoko mengatakan, pengecekan kesehatan terhadap hewan kurban digarap secara maraton mulai 14-28 Juni 2023.

Kemudian, sasaran pengecekannya adalah para penjual hewan kurban yang ada di Karawang.

“Akan dilakukan pengecekan serentak di 30 kecamatan di Kabupaten Karawang oleh 250 PPL,” katanya pada Kamis (15/6/2023).

Baca juga: Di Karawang, Ada Hewan Kurban Tak Penuhi Syarat

Ia menerangkan, hewan-hewan kurban yang telah diperiksa dan dinyatakan sehat akan diberi kalung tanda dari DPKP Karawang.

Namun, Handoko juga mengungkapkan bahwa dari pemeriksaan kali ini pihaknya menemukan beberapa hewan kurban yang belum cukup usia dan ada juga yang kurang sehat.

“Hewan yang sudah dicek kesehatannya dan dinyatakan sehat, kita kasih kalung sehat sebagai tanda, itu kalung khusus dari DPKP Karawang,” terangnya.

Baca juga: Hadapi Ancaman El Nino, DPKP Karawang Siapkan Asuransi Gagal Panen untuk Petani

“Tadi kita menemukan sekitar 5 hewan kurban yang sakit dan belum cukup usia dari 3 lapak dan langsung kita berikan obat ditempat secara gratis,” ungkapnya.

Mengingat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) serta virus Lumpi Skin Disease (LSD) sedang rawan di Indonesia, Handoko menghimbau kepada para penjual hewan kurban untuk lebih selektif dalam memilih hewan dan mengkarantina setiap hewan yang datang dari luar Karawang.

“Lebih teliti, pastikan hewan kurban sehat dan tidak cacat. Jika menemukan hewan cacat atau hewan mengalami tanda-tanda penyakit, segera lapor ke PPL atau langsung ke DPKP,” pungkasnya. (*)