Beranda Headline Saat Wibu Karawang Padukan Budaya Lokal dan Jepang, Cosplay Kimono Sambil Nari...

Saat Wibu Karawang Padukan Budaya Lokal dan Jepang, Cosplay Kimono Sambil Nari Jaipongan

Wibu karawang padukan budaya
Komunitas Wibu Karawang menggelar acara cosplay busana dengan padukan unsur Jepang dengan budaya lokal Karawang.

KARAWANG – Komunitas Wibu Karawang menggelar acara cosplay busana dengan padukan unsur Jepang dengan budaya lokal Karawang. Kegiatan itu terselenggara pada Sabtu, (29/6) dan Minggu, (30/6) di wilayah Kertabumi.

Ketua Pelaksana, Yohana Saiful Islam menyampaikan, kegiatannya dibalut dengan ragam penampilan termasuk tarian tradisional (Jaipong).

Tujuan kegiatan ini, lanjut dia, tidak lain untuk menunjukkan budaya asli Karawang kepada para pecinta Jepang.

Baca juga: Pindah Tugas, Kapolres Karawang Pamitan saat Pimpin Peringatan HUT ke-78 Bhayangkara

“Ini pertamakali di Karawang, kita memperkenalkan budaya lokal Karawang jaipong, makanan hingga batik ke pecinta Jepang. Biasanya acara cosplay selalu menampilkan tarian jepang,” ujarnya saat diwawancarai pada Senin, 1 Juli 2024.

Ia menerangkan, seluruh panitia pun kali ini mengenakan pakaian dengan motif kombinasi antara batik, tokoh anime dan huruf kanji.

Hal ini, kata dia, telah dikoordinasikan dan bekerjasama dengan Komite Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kabupaten Karawang serta para pengrajin batik.

Baca juga: Beragam Keseruan di Acara Wisuda Yayasan Nahdlatul Ishlahiyah Karawang 

“Kita kolaborasi dengan pengrajin batik, perpaduan dari tokoh anime dan huruf kanji sebagai motif batik. Adanya Ekraf Karawang di kegiatan kita juga sangat terbantu, masyarakat jadi tau dan dinilai ada sisi positif. Masyarakat luar Karawang juga jadi mengenal Karawang melalui kegiatan ini,” katanya.