Beranda Regional Sejumlah Pejabat Purwakarta Lakukan Vaksinasi Tahap Pertama

Sejumlah Pejabat Purwakarta Lakukan Vaksinasi Tahap Pertama

Sejumlah pejabat pimpinan daerah di Kabupaten Purwakarta mulai disuntik vaksin Covid-19 tahap pertama. Lokasi pelaksaan dilakukan di Puskesmas Purwakarta Kota, Jalan Siliwangi, Kamis (4/2).

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, vaksinasi tahap pertama merupakan acara penting bagi masyarakat Kabupaten Purwakarta karena sudah ditunggu sejak lama. “Vaksinasi ini merupakan upaya kita bersama keluar dari pandemi covid-19. Ini pencanangan vaksinasi covid-19 yang dimulai oleh saya sendiri beserta jajaran sejumlah Forkopimda yang sudah melalui Medical Check Up terlebih dahulu,” katanya.

Menurutnya, jumlah vaksin yang diterima Pemkab Purwakarta pada tahap awal ini sebanyak 3.920 vial. Diantaranya 200 vaksin disiapkan untuk para tokoh dan pelayan publik, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda yang telah mendapatkan surat resmi dari Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas dan setelah 14 hari akan dilakukan vaksinasi tahap dua.

“Untuk vaksinasi masyarakat, agar bersabar karena akan diprioritaskan nakes terlebih dahulu dan 200 pelayan publik. Mengingat kondisi sebaran Covid-19 di Kabupaten Purwakarta masih fluktuatif. Kami minta warga menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Sementara itu, beberapa saat usai divaksin, Anne mengungkapkan, pada tahap awal vaksinasi ini, orang-orang akan mendapatkan suntikan dosis pertama vaksin Covid-19 dan akan dijadwalkan untuk mendapatkan dosis kedua nanti setelah 14 hari.

Menurutnya, vaksin Covid-19 tidak berbeda dengan vaksin lainnya. Tapi, semua orang harus tetap melakukan protokol kesehatan setelah vaksin karena masih berada di tengah pandemi. Apalagi, seseorang diklaim baru bisa mendapatkan kekebalan yang efektif setelah mendapat suntikan dosis kedua vaksin. Jadi, semua orang masih harus memakai masker, menjaga jarak dan menjaga kebersihan tangan.

“Vaksin bekerja untuk memanfaatkan respons tubuh melawan virus. Jadi, hindari tugas atau aktivitas apapun yang bisa mengganggu kinerja vaksin dalam tubuh setelah disuntikkan. Usahakan hindari stres, cukup tidur, tetap aktif secara fisik dan jaga pola makan. Kita juga diberikan link khusus agar para medis bisa memantau perkembangan orang yang telah disuntik vaksin,” pungkasnya. (net)