Beranda Health RSKP Karawang Peringati Hari Tuberkulosis se-Dunia, Ini Pesan Dokter Paru

RSKP Karawang Peringati Hari Tuberkulosis se-Dunia, Ini Pesan Dokter Paru

KARAWANG- Peringatan hari Tuberkulosis (TBC) Se-Dunia yang jatuh pada 24 Maret menjadi momen refleksi semua pihak, tak terkecuali Rumah Sakit Khusus Paru (RSKP) Karawang yang turut memperingati nya dengan berbagai kegiatan.

Dokter Spesialis Paru RSKP Karawang, dr. Rudi Dermawan mengajak di hari TB se-dunia untuk merefleksikan pentingnya mencegah penyakit TB.

“Di tanggal 24 Maret 2022 diperingati sebagai hari TB sedunia, sebagai satu momen yang sangat baik untuk kembali menyadarkan semua pihak baik pemerintah, swasta, rumah sakit kesehatan medis nonmedis masyarakat, untuk kembali bagaimana tuberkulosis ini menjadi masalah kesehatan masyarakat,” kata dr. Rudi, Kamis (24/3/2022)

Baca Juga: RSKP Karawang Terima Kunjungan Tim Monev Kemenkes RI

dr. Rudi juga mengungkapkan sejak Pandemi melanda Indonesia, kasusus penemuan penyakit TB menurun tetapi tingkat penyebarannya sangat tinggi.

“Sejak Pandemi kita semua dibuat terlena, penemuan kasus TB menurun tetapi tingkat penyebarannya sangat tinggi,” ujarnya.

“Mari kita sama-sama untuk kembali meningkatan penemuan kasus dan selanjutnya mengobati pasien- pasien TB sampai sembuh di fasilitas – fasilitas kesehatan diseluruh Indonesia,” sambungnya.

Baca Juga: Direksi RSKP Karawang Lakukan Sidak Internal

Ia juga mengajak semua pihak untuk tidak sungkan berkonsultasi jika merasakan ada gejala TB.

“Jangan pernah sungkan untuk berkonsultasi, mengobati dengan benar jangan sampai putus dengan panduan yang benar, jangan lupa dibarengi dengan asupan gizi yang baik, meningkatkan daya tahan tubuh, dan bagi yang memiliki resiko tinggi seperti penderita Diabetes dan HIV untuk selalu di pantau dan diperiksa jangan sampai timbul kesakitan karena TB,” pungkasnya. (ddi)