Beranda Regional Anggaran Sound System Disparbud 4,5 Miliar

Anggaran Sound System Disparbud 4,5 Miliar

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Pemkab Karawang di tahun 2017 ini akan mempunyai satu set peralatan sound system modern yang super canggih dan lengkap seharga Rp. 4,5 Miliar, dari mulai set panggung lengkap, sound, amplifier, audio studio, lighting dengan kemampuan cahaya dengan watt yang super besar dan artristik.

 

Sound system modern dengan anggaran fantastis tersebut, penggunaan perdananya rencananya akan ditunjukan kepada masyarakat pada saat memyambut tahun baru 2018. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang Okih Setiawan.

Dijelaskan Okih, pembelian perlengkapan panggung ini sudah direncanakan secara matang oleh pihaknya sejak 2016 yang lalu. Dari mulai menyediakan gudang tempat penyimpanan set panggung tersebut, teknisi ahli, perawatan sampai bahkan kendaraan khusus untuk mengangkut peralatan dalam setiap event.

“Tidak mudah bagi kami meyakinkan banyak pihak akan pembelian ini. Karena anggran yang memang kami akui begitu fantastik, bahkan tim TAPD pun banyak mempertanyakan kegunaan, keuntungan dan dampaknya. Begitu pun badan anggaran. Tapi Alhamdulillah dengan keyakinan kami bahwa apa yang kami maksudkan adalah hal yang baik, mereka akhirnya menyetujui dan masuk di anggaran murni 2017,”paparnya saat di temui di ruangannya, Selasa (28/11).

Okih menuturkan, keinginan Disparbud memiliki set panggung lengkap sendiri tersebut berkaca dari suksesnya Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dalam mengembangkan kepariwisataan daerahnya dengan menggunakan peralatan yang dimilikinya sendiri.

“Contohnya, kita tidak lagi berbenturan dengan waktu penyewaan, atau kondisi barang yang tidak maksimal sehingga menganggu, dan yang jelas lebih berdampak kepada efesiensi anggaran. Dimana biasanya daerah menganggarkan ratusan juta biaya sewa alat di setiap event, tapi dengan memiliki alat sendiri kita hanya mengeluarkan biaya operasional teknisi dan perawatan saja,”jelasnya.

Terlebih lanjut Okih, Kabupaten Karawang akan menghadapi dua event besar di tahun 2018 dan 2019 mendatang, yaitu Pentas Jaipong Nasional dan Internasional. Dan jelas, lanjutnya, untuk mendukung keberhasilan event – event tersebut dibutuhkan sarana dan prasana yang maksimal, salah satunya dengan mempersiapkan peralatan panggung super lengkap dan modern yang tentunya lebih efisien jika milik daerah sendiri.

“Untuk mengembangkan sektor pariwisata bukan hal mudah. Karena ini berkaitan dengan seni dan keindahan. Ketika suatu event yang diselenggarakan di Kabupaten Karawang menyuguhkan panggung mewah dan canggih tentu akan mengundang daya tarik tersendiri,”kata Okih

Okih menegaskan, setiap tahun Disparbud selalu dituntut dapat menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang selalu bertambah. Contohnya, lanjut Okih, tahun 2016 Disparbud ditargetkan 70 Miliar, di tahun 2017 ini naik menjadi 75 Miliar, tahun 2018 85 Miliar dan di tahun 2019 dengan adanya event internasional tadi target Disbudpar diharapkan dapat mencapai 100 Miliar.

“Jadi jelas, kami membutuhkan sarana dan prasana yang maksimal untuk mencapai target tersebut,” tandasnya.

Ketika disoal apakah tidak terlalu fantastis hanya untuk satu set panggung dan peralatannya, Okih menyanggah dengan tegas. Dikatakannya untuk sebuah panggung megah berukuran 12 x15 meter dengan lighting dan suara yang luar biasa canggih adalah hal yang wajar.

Karena kepuasan yang dihasilkan oleh penonton akan sangat luarbiasa, sehingga antusiasme penonton baik dari dalam maupun luar daerah ataupun orang luar negeri sekalipun akan terus tertarik mengikuti event-event di Karawang yang tentunya akan mengundang PAD yang luar biasa besarnya, atau berkali – kali lipat dari setiap event biasanya.

“Untuk maju itu mahal. Saya tidak perduli apa yang orang katakan, yang terpenting saya menunjukan kinerja saya dengan maksimal yang hasilnya bisa dilihat melalui indikator hasil pendapatan Disbudpar yang hampir selalu mencapai target sejak saya menjabat,”imbuhnya.

Kendati demikian, sampai hari ini dirinya belum mengetahui siapa pemenang lelang pengadaan barang tersebut. Namun dirinya sudah menyiapkan seorang konsultan ahli di bidang peralatan musik ini, dan seorang pengawas yang nantinya akan benar-benar memberikan penjelasan, saran dan masukan yang baik agar anggaran sebesar itu betul- betul tepat sasaran untuk pembelian alat yang sangat berkualitas.

“Terus terang kami belum tahu siapa pemenangnya. Hanya pasti kami akan sangat hati-hati karena ini sifatnya pengadaan barang yang bisa dilihat sesuai spek anggaran atau tidak. Kami pastinya tidak ingin kecolongan, dan menjadi ribut di media,”pungkasnya.(cr2/ds)