Beranda Headline Bulog Karawang Siap Suplai Beras BNPT untuk Tiga Kabupaten

Bulog Karawang Siap Suplai Beras BNPT untuk Tiga Kabupaten

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Perum Bulog Sub Drive Karawang siap menyalurkan kurang lebih 60 ribu ton beras untuk disalurkan sebagai Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

 

Bantuan ini akan diberikan kepada 3000 Kelompok Penerima Masyarakat (KPM) di 3 Kabupaten setiap bulannya melaluiĀ  mekanisme akun elektronik yang hanya untuk membeli pangan di e-Waroeng.

Kepala Kantor Bulog Sub Drive Karawang-Bekasi, Rusli mengatakan, pihaknya memastikan beras yang akan disalurkan memiliki kualitas terbaik. Bahkan, beras tersebut merupakan stok terpilih dan yang terbaru.

“Untuk 3000 KPM, Karawang, Bekasi dan Depok, dan Kabupaten Karawang sendiri ada sekitar kurang lebih 1400 KPM,” ujarnya kepada Tvberita.co.id, Kamis (5/9).

Rusli juga memastikan, keterlibatan Bulog dalam BPNT tidak akan mengganggu peranan swasta yang selama ini sudah menjadi supplier atau penyedia. Pemerintah tinggal menentukan mekanisme yang secara teknis akan diatur bersama.

“Tidak ada yang dirugikan, Bulog hanya menjadi penyedia saja, Bukan berarti yang agen-agen kemarin terus diberhentikan semua, tidak. Pihak swasta yang kemarin sudah menjadi supplier BPNT tetap menjadi agen. Hanya saja, berasnya diambil dari gudang Bulog,” kata Rusli menjelaskan.

Ia mengungkapkan, terhitung hingga hari ini, ada sekitar 30 suplier BPNT swasta yang terdaftar di Bulog.

“Kita berharap semua pihak terkait, bisa memahami situasi perubahan regulasi ini, dan diharapkan dengan adanya kerja sama yang baik akan mendapatkan hasil yang baik,” harapnya.

BPNT memiliki skema yang sama. Masyarakat yang termasuk dalam KPM akan membeli pangan melalui kartu yang sudah berisi uang sekitar Rp 110 ribu, termasuk beras. Tapi, mereka hanya dapat melakukan transaksi melalui warung elektronik terpilih dengan bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).(nna/dhi)

Komentar Facebook