Beranda Fashion Gaya Hidup Ala Generasi Z dan Dampak Risikonya

Gaya Hidup Ala Generasi Z dan Dampak Risikonya

Gaya hidup generasi Z inilah kebiasaan mereka
Generasi Z adalah generasi pascamilenial inilah kebiasaan mereke

TVBERITA.CO.ID – Gaya hidup zaman sekarang atau bisa disebut gaya hidup Gen Z. Kebiasaan gaya hidup mewah Generasi Z yang dipamerkan di media sosial dapat memicu perilaku narsisme, yaitu perilaku yang terlalu fokus pada diri sendiri dan citra yang ingin ditampilkan.

Gaya hidup generasi z adalah Gaya hidup mereka sudah bukan lagi gaya hidup yang bisa diatur karena kebanyakan dari Gen Z adalah mereka yang sudah terpengaruh oleh perkembangan zaman.

Baca Juga : Wujudkan Zero Waste Lifestyle, PC IPPNU Karawang Kampanye Peduli Lingkungan

Teknologi sangatlah berperan dalam kehidupan mereka, perkembangan zaman yang semakin pesat membuat mereka melek akan teknologi, banyak sekali godaan dan gaya hidup yang sangat konsumtif membuat mereka menjadi budaya pada saat ini.

Lantas apa saja yang menjadi gaya hidup mereka yang sudah menjadi budaya pada saat ini dikalangan Gen Z?

Gaya hidup yang konsumtif

Perilaku atau pola hidup individu yang senang membelanjakan uangnya tanpa pertimbangan yang matang.

Gaya hidup hedonisme

Gaya hidup yang mengutamakan gengsi adalah gaya hidup yang fokus pada kesenangan dan kepuasan pribadi tanpa batas gaya hidup hedonisme cenderung mengedepankan gengsi daripada fungsi.

Narsisme

Gaya hidup yang mengutamakan social media yaitu mengutamakan gaya hidup mewah yang dipamerkan di media sosial dapat memicu tekanan sosial pada orang lain untuk meniru atau mengejar gaya hidup yang sama.

Baca Juga: Gaya Hidup jadi Penyebab, 5 Kades di Karawang Terjerat Korupsi

Pamer gaya hidup mewah di media sosial dapat menimbulkan risiko keamanan, seperti pencurian atau tindakan kriminal lainnya. Untuk menghindari dampak negatif dari mengutamakan gaya hidup mewah di media.

Ada beberapa cara agar generasi Gen Z tidak menjadi gerenasi yang konsumtif, hedonisme serta generasi yang selalu mengutamakan media sosial ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain:

– Selalu bersyukur dan fokus pada kebutuhan hidup yang sebenarnya.

– Rajin menabung dan berinvestasi sejak dini untuk memenuhi kebutuhan hidup.

– Selektif dalam memilih teman dan menghindari teman yang memiliki gaya hidup hedon.

– Mengenali diri sendiri dan memikirkan kebutuhan diri sendiri agar tidak mudah terhasut oleh gaya hidup yang tidak sesuai dengan kebutuhan diri.

– Memperhatikan etika dan moral dalam menggunakan media sosial, seperti tidak memamerkan harta dan tidak mengejar kesenangan semata.

Baca Juga: Wakil Bupati Bekasi Tekankan Olahraga Jadi Kebutuhan Gaya Hidup

Meski katanya generasi Gen Z memiliki gaya hidup yang tidak bisa diatur, inilah sejumlah cara agar kita menjadi generasi yang sadar bahwa banyak hal untuk tidak melakukan hal – hal negatif  yang konsumtif, hedonisme dan selalu mengutamakan media sosial. (*)