Beranda Hukum Ditanya Proses Kasus Kades Jadi Jurkam, Bawaslu : Kami Buka Data Dulu

Ditanya Proses Kasus Kades Jadi Jurkam, Bawaslu : Kami Buka Data Dulu

PURWAKARTA-Masih ingat kasus pada tahapan kampanye Pemilu lalu yang didapati salah satu Kepala Desa di Kecamatan Cibatu Purwakarta menjadi Jurkam Suaminya yang ikut nyaleg dari Partai Golkar Dapil II, bersama Anne Ratna Mustika dan Puteri Komarudin.

Kepala Desa EK pun sempat diperiksa oleh Panwascam Bungursari, karena melakukan. Kampanye di Desa Cibening pada saat itu, walau sudah dipanggil dan diminta klarifikasinya namun menurut pihak Panwascam bahwa foto yang beredar yang merupakan Kades sedang memegang alat peraga kampanye dihadapan warga tidak diakui.

“Kadesnya tidak mengakui, tetapi suaminya Caleg Dapil 2 pada saat itu mengakui itu memang istrinya, setelah pihak kami mendesak untuk diakui saja, karena ada bukti foto,”jelas Ketua Panwascam Bungursari Ano Suharyono Kamis (30/5).

“Kami sudah limpahkan permasalahan ini ke Bawaslu Kabupaten Purwakarta,”ujarnya.

Sementara Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi (PP, Datin) Bawaslu Purwakarta Budi Hidayat saat dihubungi terkait penanganan kasus yang belum ada kejelasan tersebut mengatakan kami akan buka datanya dulu.

“Kami akan cek data nya dulu, kebetulan saya masih tugas luar,”ucapnya singkat.

Kasus adanya Kepala Desa yang menjadi Jurkam Caleg sudah terjadi sejak Januari 2024 lalu, namun hingga hari ini Bawaslu Kabupaten Purwakarta belum memberikan hasil dari pemeriksaan Kades tersebut. (trg)