Beranda Karawang Kantor Pertanahan Karawang Sosialisasikan Sertifikat Elektronik, Ini Ulasannya

Kantor Pertanahan Karawang Sosialisasikan Sertifikat Elektronik, Ini Ulasannya

Kantor pertanahan karawang sertifikat elektronik
Kantor Pertanahan Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Karawang menggelar sosialisasi penerapan kebijakan sertifikat elektronik.

KARAWANG – Kantor Pertanahan Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Karawang menggelar sosialisasi penerapan kebijakan sertifikat elektronik.

Sosialisasi itu melibatkan para notaris, pengurus Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) maupun lembaga perbankan di Aula Kantor ATR/BPN Karawang pada Kamis (30/5).

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang, Nurus Sholichin, mengatakan pelayanan sertifikat elektronik di Kantor Pertanahan Karawang segera diterapkan pada bulan Juni mendatang.

Baca juga: DPMD Karawang Sisir BUMDes Aktif hingga yang Mati Suri, Ini Alasannya

Pasalnya, Karawang menjadi salah satu di antara dua Kabupaten/kota di Jawa Barat yang diprioritaskan Kementerian ATR/BPN untuk menerapkan layanan sertifikat elektronik.

“Seluruh kota di Jawa Barat harus menerapkan layanan sertifikat elektronik, sementara untuk kabupaten baru Karawang dan Bekasi yang menjadi prioritas,” ujar Nurus kepada awak media, Kamis, 30 Mei 2024.

Dia bilang, keunggulan sertifikat elektronik ini dapat disimpan melalui gawai atau dicetak menggunakan kertas serta dilengkapi QR Code yang dapat diakses melalui aplikasi Sentuh Tanahku.

Baca juga: Demi Iklim Investasi Kondusif, Karawang Bangun Area Aspirasi di Zona Industri

Selain itu, pelayanan sertifikat elektronik juga dapat meningkatkan efisien waktu, biaya dan pelayanan, serta menjamin perlindungan data pemilik sertifikat.

Terlebih penerapan sertifikat elektronik merupakan langkah maju dalam modernisasi sektor pertanahan.