Beranda Ekonomi Diusulkan Sejak 2019, Kapan Proyek KRL Diperpanjang ke Karawang Terwujud?

Diusulkan Sejak 2019, Kapan Proyek KRL Diperpanjang ke Karawang Terwujud?

Krl diperpanjang ke karawang
Kemenhub hingga saat ini belum bisa memastikan kapan rute baru KRL Jabodetabek diperpanjang ke Karawang terealisasi. (Foto: ist)

JAKARTA – Wacana Jalur Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek diperpanjang sampai Karawang hingga kini belum jelas realisasinya. Padahal rencana itu sudah ada sejak tahun 2019.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengaku belum ada pembahasan lanjutan mengenai usulan memperpanjang jaringan KRL ke Karawang.

Sejauh ini, Jalur KRL Commuter Line arah Bekasi baru mentok di Cikarang.

“Tahun 2019 waktu itu karena pandemi jadi akhirnya fokusnya agak bergeser. Makanya sampai sekarang kita belum pastikan akan dimulai, tapi ada rencana (perpanjang rute) ke sana,” kata Adita ditemui Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, dikutip Rabu, 22 November 2023.

“Jadi waktu itu karena disampaikan 2019, terus masuk pandemi akhirnya jadwal akan geser. Sampai sekarang kita belum pasti akan mulai kapan,” ujar Adita.

Mengutip detikcom, sebelumnya, Direktur Utama Kereta Commuter Line Indonesia (KCI) yang kala itu dijabat oleh Wiwik Widayanti, pernah mengatakan pihaknya dan Kementerian Perhubungan berencana memperpanjang rute KRL hingga ke Karawang, Jawa Barat.