Beranda Ekonomi Penuhi Kebutuhan Lebaran 2023, bank bjb Karawang Siapkan Uang Tunai Rp 20...

Penuhi Kebutuhan Lebaran 2023, bank bjb Karawang Siapkan Uang Tunai Rp 20 Miliar

Uang tunai lebaran bjb karawang
Kepala Cabang bank bjb Karawang, Maman Rukmana.

KARAWANG – Menjelang hari raya lebaran atau Idul Fitri 1444 Hijriah, bank bjb cabang Karawang menyiapkan kebutuhan uang tunai sebesar Rp 20 miliar.

Dana tersebut disiapkan untuk pemenuhan kebutuhan operasional dan ketersediaan dana di 41 mesin ATM bank bjb yang tersebar di Karawang.

Kepala cabang bank bjb Karawang, Maman Rukmana menyebutkan, nilai Rp 20 miliar tersebut dihitung berdasarkan aktivitas penarikan uang masyarakat Karawang.

Terlebih menjelang cuti lebaran, volume penarikan uang dipastikan mengalami peningkatan.

Baca juga: RSKP Karawang Ikut Meriahkan BJB Selaksawarna 2.0

“Untuk masa lebaran kita sudah menyiapkan likuiditas yang cukup dan sudah kita hitung, biasanya puncaknya di seminggu sebelum lebaran sebesar Rp 20 miliar,” papar Maman, Kamis (30/3/2023).

Maman menambahkan, untuk komposisi penyediaan uang tunai juga beragam, mulai dari pecahan terkecil Rp 1.000 sampai Rp Rp 100 ribu.

Khusus pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000 Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu memang disiapkan bank bjb untuk layanan penukaran uang baru di masa lebaran.

Baca juga: Puluhan SD di Wilayah Miskin Ekstrem Dapat Bantuan Rp 500 Juta dari Bjb Karawang

“Untuk penukaran jelang lebaran kita fasilitasi di kantor cabang dan Kcp, jadi biasanya jelang lebaran sudah banyak masyarakat yang meminta penukaran uang baru,” kata dia.

Kendati demikian, Maman mengimbau masyarakat dapat juga mengoptimalkan channel-channel transaksi non tunai yang tersedia.

Nasabah bank bjb bisa memanfaatkan layanan non operasional kantor seperti bjb DigiCash, bjb Digi (bjb Mobile, bjb NET, bjb SMS).

“Seluruh layanan e-channel ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi secara realtime seperti pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran tagihan dan lainnya,” ucapnya. (*)