Beranda Headline 12 Jemaah Haji Asal Jabar Meninggal Dunia, Tiga dari Bekasi Dimakamkan di...

12 Jemaah Haji Asal Jabar Meninggal Dunia, Tiga dari Bekasi Dimakamkan di Tanah Suci

Jemaah haji jabar meninggal
12 calon jemaah haji asal Jabar dilaporkan meninggal dunia. (Foto/istimewa)

BEKASI – Sebanyak 12 calon jemaah haji asal Jawa Barat (Jabar) dinyatakan meninggal dunia di Arab Saudi. Mereka yang meninggal rata-rata telah lanjut usia (lansia).

Kepala Bidang Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jawa Barat, Resi Arisandi mengatakan, dari 12 calon jemaah haji yang meninggal dunia, dua diantaranya meninggal dunia sebelum berangkat ke tanah suci.

Keduanya meninggal karena sakit jantung dan ada yang terkonfirmasi demam berdarah dengue (DBD).

Baca juga: Kemenag Karawang Jamin Penanganan Jemaah Haji Lansia Jadi Prioritas

“Yang meninggal sampai saat ini sudah 12 orang, jadi semua meninggal dunia disebabkan penyakit jantung dan gangguan pernapasan yang diderita Jamaah Calon Haji,” kata Resi Arisandi di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Senin (12/6/2023).

Sementara untuk jemaah haji asal Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi, tercatat ada tiga calon jemaah haji yang meninggal di tanah suci.

Ketiga jenazah disemayamkan di tanah suci berdasarkan permintaan pihak keluarga.

“Untuk Asal Bekasi ada 3, yakni dari wilayah Kabupaten Bekasi ada 2 dan Kota Bekasi ada 1 orang. Langsung dimakamkan di Arab Saudi,” katanya.

Baca juga: Momen Haru Pelepasan 397 Jemaah Haji Karawang ke Tanah Suci

Meninggalnya calon jemaah haji saat melaksanakan proses ibadah haji, dikatakan Resi, memang berkaitan dengan fisik, apalagi tahun ini calon jemaah haji asal Indonesia didominasi lansia.