Beranda Internasional Gencatan Senjata Gagal, Israel Membombardir Gaza

Gencatan Senjata Gagal, Israel Membombardir Gaza

Gencatan senjata
Istimewa

GAZA – Pertempuran baru di Gaza memasuki hari kedua pada Sabtu, 2 Desember 2023, setelah perundingan untuk memperpanjang gencatan senjata Hamas-Israel yang telah berlangsung selama seminggu gagal dan mediator mengatakan pengeboman Israel mempersulit upaya untuk kembali menghentikan permusuhan.

Wilayah timur Khan Younis di selatan Gaza menjadi sasaran pengeboman hebat ketika batas waktu gencatan senjata lewat tak lama setelah fajar pada Jumat, dengan kolom asap membubung ke langit, kata wartawan Reuters di kota tersebut.

Pada Jumat malam, pejabat kesehatan Gaza mengatakan serangan udara Israel telah menewaskan 184 orang, melukai sedikitnya 589 lainnya, dan menghantam lebih dari 20 rumah.

Baca juga: Sering Disebut Produk Israel, Ini Fakta Sebenarnya Tentang J.Co Donuts

Warga turun ke jalan dengan barang-barang yang ditumpuk di gerobak, mencari perlindungan lebih jauh ke barat.

Kedua pihak yang bertikai saling menyalahkan atas gagalnya gencatan senjata Hamas-Israel dengan menolak persyaratan perpanjangan pembebasan sandera harian yang disandera oleh militan dengan imbalan warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

PBB mengatakan pertempuran itu akan memperburuk keadaan darurat kemanusiaan yang ekstrem. “Neraka di Bumi telah kembali ke Gaza,” kata Jens Laerke, juru bicara kantor kemanusiaan PBB di Jenewa.

Dilansir tempo.co “Hari ini, dalam hitungan jam, banyak orang dilaporkan tewas dan terluka. Keluarga-keluarga kembali diminta untuk mengungsi. Harapan pupus,” kata kepala bantuan PBB Martin Griffiths, seraya menambahkan bahwa anak-anak, perempuan dan laki-laki di Gaza “tidak punya tempat yang aman untuk berlindung.” pergi dan sangat sedikit untuk bertahan hidup.”

Jeda yang dimulai pada 24 November telah diperpanjang dua kali dan Israel mengatakan hal itu dapat berlanjut selama Hamas membebaskan 10 sandera Israel setiap hari. Namun setelah tujuh hari pembebasan perempuan, anak-anak dan sandera asing, mediator gagal menemukan formula untuk membebaskan lebih banyak lagi, termasuk tentara Israel dan laki-laki sipil.

Israel menuduh Hamas menolak melepaskan semua perempuan yang ditahannya. Seorang pejabat Palestina mengatakan kemacetan pembicaraan terjadi seputar tentara perempuan Israel.

Israel telah bersumpah untuk memusnahkan Hamas setelah serangan pada 7 Oktober yang menyatakan bahwa kelompok militan tersebut membunuh 1.200 orang dan menyandera 240 orang.

Serangan Israel sejak itu telah merusak sebagian besar Gaza, yang dikuasai Hamas sejak 2007. Otoritas kesehatan Palestina yang dianggap dapat diandalkan oleh PBB mengatakan lebih dari 15.000 warga Gaza telah terbunuh dan ribuan lainnya hilang.

Negosiasi Berlanjut

Qatar, yang memainkan peran penting sebagai mediator, mengatakan negosiasi masih berlangsung dengan Israel dan Palestina untuk memulihkan gencatan senjata Hamas-Israel, namun pengeboman Israel yang kembali terjadi di Gaza telah memperumit masalah.

Di utara Gaza, yang sebelumnya merupakan zona perang utama, gumpalan asap besar membubung di atas reruntuhan, terlihat dari seberang pagar Israel. Suara tembakan dan ledakan terdengar di atas suara gonggongan anjing.

Warga dan pejabat Hamas mengatakan para pejuangnya yang bersenjatakan granat berpeluncur roket melawan pasukan dan tank Israel di lingkungan Sheikh Radwan di utara Kota Gaza.

Sirene terdengar di seluruh Israel selatan ketika para militan menembakkan roket dari daerah kantong pesisir tersebut ke kota-kota. Hamas mengatakan pihaknya menargetkan Tel Aviv, namun tidak ada laporan korban jiwa atau kerusakan di sana.

Terdapat korban jiwa yang dilaporkan di Lebanon selatan, titik konflik lain bagi Israel. Seorang pejabat Lebanon mengatakan penembakan Israel menewaskan tiga orang pada Jumat. Kelompok Hizbullah Lebanon yang didukung Iran, sekutu Hamas, mengatakan mereka telah melakukan beberapa serangan terhadap posisi militer Israel di perbatasan untuk mendukung warga Palestina.

Tentara Israel mengatakan artileri mereka menyerang sumber tembakan dari Lebanon dan pertahanan udara telah mencegat dua peluncuran. Reuters tidak dapat mengonfirmasi satu pun laporan di medan perang tersebut.

AS dan Hamas Saling Tuduh

Amerika Serikat menyalahkan Hamas atas pertempuran baru tersebut, dan mengatakan bahwa mereka gagal menghasilkan daftar sandera baru yang akan dibebaskan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, mengakhiri perjalanannya ke wilayah tersebut, mengatakan Hamas telah mulai menembakkan roket sebelum jeda permusuhan berakhir, telah melakukan serangan penembakan mematikan di Yerusalem pada Kamis dan belum menindaklanjuti komitmen terhadap sandera.

Senator AS dari Partai Demokrat Mark Warner, yang mengetuai Komite Intelijen Senat, mengatakan Washington harus memberikan tekanan pada Israel, dengan mengatakan kepada Reuters:

“Kita harus mendorong Israel untuk menyadari bahwa ini bukan hanya konflik militer, tapi ini adalah konflik hati dan pikiran masyarakat dunia dan Amerika Serikat.”

Baca juga: Murka! Jokowi Kutuk Serangan Israel ke Rumah Sakit Indonesia di Gaza

Hamas menuduh Washington memberi lampu hijau bagi “perang genosida dan pembersihan etnis” Israel.

“Hari ini, mereka dengan berani mengulangi kebohongan Zionis, yang menganggap Hamas bertanggung jawab untuk melanjutkan perang dan tidak memperpanjang gencatan senjata kemanusiaan,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Israel mengatakan pasukan darat, udara dan lautnya menyerang lebih dari 200 “target teror” di Gaza.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan pasukan Israel telah menghentikan semua pengiriman bantuan ke Gaza melalui perbatasan Rafah dengan Mesir.

COGAT, badan Israel untuk koordinasi sipil dengan Palestina, mengatakan bantuan yang disepakati berdasarkan gencatan senjata telah dihentikan tetapi, atas permintaan Washington, “puluhan” truk lain yang membawa air, makanan dan pasokan medis telah mencapai daerah kantong tersebut. (*)