Beranda Internasional Telan 15 Ribu Korban Jiwa, Ahli Ungkap Penyebab Gempa Bumi Dahsyat di...

Telan 15 Ribu Korban Jiwa, Ahli Ungkap Penyebab Gempa Bumi Dahsyat di Turki dan Suriah

Penyebab gempa Turki-Suriah.
Telan sampai 15 ribu korban jiwa, ahli ungkap penyebab gempa bumi dahsyat di Turki-Suriah. (Foto/istimewa)

TVBERITA.CO.ID – Gempa bumi yang mengguncang Turki dan Suriah disebut sebagai gempa paling mematikan di abad ini. Kini, gempa berkekuatan magnitudo 7,8 itu memakan korban sampai 15 ribu jiwa. Gempa

Diketahui gempa bumi di Turki dan Suriah terjadi pada Senin pagi, 6 Februari 2023. Bahkan gempa susulan yang terjadi mempunyai kekuatan yang hampir sama besarnya dengan gempa pertama.

Gempa di dekat Gaziantep itu menjalar sampai sepanjang 100 km dari garis patahan. Gempa terasa sampai ke Italia, Lebanon, dan beberapa negara lain di Eropa.

“Dari gempa Bumi paling mematikan pada tahun tertentu, hanya dua dalam 10 tahun terakhir yang memiliki kekuatan yang sama, dan empat dalam 10 tahun terakhir,” kata Prof Joanna Faure Walker, kepala Institute of Mitigasi Bencana Universitas College London, dikutip dari BBC pada Kamis, 9 Februari 2023.

Baca juga: Korban Meninggal Gempa di Turki dan Suriah Mencapai 12.049 Orang!

Mengetahui getaran yang sangat besar tersebut, publik pun penasaran dengan penyebab gempa tersebut. Ahli pun mengungkap penyebab gempa bumi dahsyat yang melanda Turki dan Suriah.

Kerak Bumi terdiri atas lempeng terpisah yang berdampingan satu sama lain. Lempeng ini sering berusaha bergerak, tapi tertahan oleh gesekan dengan lempeng yang bersebelahan.