Beranda Headline 58 Klub Sepakbola di Karawang Siap Perebutkan Piala Soeratin, Simak Jadwalnya

58 Klub Sepakbola di Karawang Siap Perebutkan Piala Soeratin, Simak Jadwalnya

Piala soeratin karawang
Askab PSSI Karawang mempersiapkan turnamen Piala Soeratin dengan melibatkan 58 klub sepakbola.

KARAWANG – Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Karawang akan menggelar kompetisi Piala Soeratin pada 28 Mei hingga 25 Juni 2023 mendatang.

Agus Mustaqim, Ketua Pelaksana Piala Soeratin 2023 menyebutkan, rencana kompetisinya akan menerapkan sistem one match one week. Kemudian, akan diikuti oleh 58 tim U-13 sebanyak 14 tim, U-15 sebanyak 21 tim dan U-17 sebanyak 23 tim.

“Jadi kompetisinya akan digelar oleh Askab mulai dari Piala Soeratin, dan Liga Askab kita satu Minggu satu pertandingan. Itu salah satu cara kita meningkatkan kualitas kompetisi,” ujarnya pada Rabu, 17 Mei 2023.

Baca juga: Puja-puji Bupati Cellica Nurrachadiana untuk Askab PSSI Karawang

Ia menjelaskan, kompetensinya akan berlangsung dari tanggal 28 Mei hingga 25 Juni di beberapa lapangan sepakbola Klari. Kemudian, pada partai semifinal dan final akan dilakukan secara langsung di Stadion Singaperbangsa.

Agus melanjutkan, setelah digelar Piala Soeratin, PSSI Askab Karawang akan langsung menggelar Liga Devisi Utama U-22 dan Divisi Satu U-19 agar Liga-nya terjadwal sistematis dan berkesinambungan.

“Jadwal kompetisi ini barang mahal di sepakbola Indonesia. Askab akan komit dan fokus dengan kompetisi yang sistematis dan berkesinambungan,” jelasnya.

Baca juga: Karawang Krisis Stok Darah, Golongan A Paling Dicari

Ketua PSSI Karawang, Asep Aang Rahmatullah menyampaikan, kompetisi Piala Soeratin menjadi ajang untuk melakukan talent scouting agar para pemain memiliki talenta mumpuni dengan pembinaan yang berkesinambungan.

Asep menambahkan, melalui kompetisi ini pihaknya berkomitmen untuk membangun sepak bola berkualitas di Kabupaten Karawang dengan memulai pengasahannya sejak usia dini.

“Sebelumnya kita sudah melakukan peningkatan SDM pelatih dengan menggelar lisensi D secara gratis bagi 30 pelatih. Sekarang di sektor pembinaan usia muda kita gelar,” katanya.

“Kita mempunyai target kedepan, Karawang menjadi produsen pemain timnas di usia muda seperti Cahyadi Supriyadi,” tutupnya. (*)