Beranda Karawang Baznas Karawang Perkirakan Potensi Zakat ASN Capai Rp300 Juta

Baznas Karawang Perkirakan Potensi Zakat ASN Capai Rp300 Juta

KARAWANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karawang memperkirakan potensi penerimaan zakat pegawai ASN pada ramadan tahun ini mencapai Rp 300 jutaan.

“Untuk pengumpulan zakat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada umumnya berbentuk uang diambil langsung dari gajinya,” ungkap Ketua Baznas Karawang, H. Kurnia Adam, Kamis (29/4).

Sebagai perbandingan, tahun lalu penerimaan zakat dari ASN kurang lebih mencapai Rp260 juta. “Tahun sekarang kemungkinan tercapai Rp300 jutaan. Mudah-mudahan,” tutur dia.

“Zakat yang terkumpul ini nantinya disalurkan pada kelompok masyarakat, baik itu pondok pesantren, majlis taklim maupun DKM masjid melalui Unit Pengelola Zakat (UPZ) di kecamatan dan desa,” lanjutnya.

Selain itu, Kurnia menambahkan, Baznas Karawang telah menyiapkan 1,2 juta kupon untuk disertakan ketika penyaluran zakat nanti.

“Kita imbau pada setiap panitia pengumpul zakat untuk menyerahkan kupon yang kita siapkan pada setiap mustahik (penerima zakat). Tujuannya apa? Agar semua terdata, sehingga kita juga bisa ukur kemampuan zakat di Kabupaten Karawang,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Baznas Karawang telah menetapkan besaran zakat fitrah di tahun 2021 ini. Rinciannya, bila berupa beras ialah 3,5 liter/2,5 kg per jiwa. Sedangkan bila berupa uang sebesar Rp32 ribu per jiwa. (kie)